5 Karakteristik Ayam Broiler Yang Harus Diketahui

Karakteristik ayam broiler

Karakteristik ayam pedaging adalah hal terpenting yang harus diperhatikan oleh seorang peternak. Ayam pedaging adalah jenis ayam pedaging yang dibuat dengan mengawinkan berbagai jenis ayam dengan produktivitas daging yang tinggi.


Karena produktivitasnya yang tinggi, pemeliharaan ayam pedaging jenis ini selalu menjadi faktor utama bagi para peternak ayam. Ayam broiler jantan dan betina memiliki bobot yang berbeda. Di antara keduanya, bobot yang disukai adalah jenis ayam pedaging.

Gen-gen yang dihasilkan ayam pedaging tentunya berkualitas baik dan berkualitas, namun jika tidak didukung oleh pakan dan lingkungan yang baik maka kualitas genetiknya pada akhirnya akan menurun.

Baca Juga : Rekomendasi Pakan Ayam Pedaging Terbaik

Berikut 5 Karakteristik Ayam Broiler Yang Harus Diketahui : 

1. Bertubuh Gemuk

Karakteristik Ayam Broiler memiliki tubuh gemuk. Jika ayam broiler bertubuh kurus maka kemungkinan besar unggas tersebut mengalami malnutrisi. Hal ini dapat terjadi karena pola makan yang tidak baik. Segeralah periksa ayam Anda, karena hal ini dapat mempengaruhi daging ayam tersebut dan produksi telur.

2. Mempunyai Mata dan Bulu Yang Cerah

Ayam Broiler sehat selalu memiliki mata yang terlihat cerah. Hal ini menandakan tidak adanya cacing atau gangguan penglihatan. Jika matanya berkabut maka unggas tersebut kemungkinan besar buta. Jika sudah mengalami cacat fisik seperti ini, maka unggas akan memiliki jangka waktu hidup yang singkat. Dan juga ayam broiler harus memiliki sayap yang cerah.

3. Memiliki Gerakan Yang Lincah

Karakteristik Ayam broiler sehat memiliki postur tubuh kokoh dan lincah ketika berjalan. Ini artinya semua organ tubuhnya berfungsi secara optimal dan tidak ada potensi infeksi dari cacing di dalamnya. Jika ayam broiler tidak aktif, maka besar kemungkinan bahwa ayam broiler tersebut memiliki kelainan dan harus segera ditangani.

4. Nafsu Makan Baik

Karakteristik ayam broiler yang perlu diperhatikan berikutnya adalah nafsu makannya. ayam broiler harus memiliki indikasi nafsu makan yang baik. Jika ayam broiler anda memiliki tanda-tanda kurang nafsu makan segeralah bawa untuk diperiksa. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pakan ayam yang tidak sesuai, adanya serangan penyakit dan lingkungan ayam tersebut.

Baca Juga : Ciri Ayam Broiler yang Segar dan Sehat

5. Kulit di bawah dan di sekitar ekor mengandung banyak lemak

Kulit memiliki fungsi untuk melindungi bagian tubuh. Ketebalan kulit pada bagian tertentu juga beragam dan tidak selalu sama. Bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak adalah lapisan kulit hipodermis. Lapisan hipodermis memiliki jaringan adiposa yang memiliki fungsi sebagai tempat cadangan lemak. Hal ini dapat membantu proses stabilisasi suhu.

Hal Yang Perlu Dipersiapan Sebelum Memulai Beternak Ayam Broiler?

Persiapan Kandang Ayam

Kandang ayam adalah suatu keharusan sebelum Anda mulai beternak ayam. Umumnya, satu kandang dapat digunakan untuk beberapa tahun ke depan. Jika Anda mengabaikan ini, Anda akan berakhir rugi.

Baca Juga : Kandang Ayam Closed House: Pengertian dan Keunggulannya

Lingkungan

Kandang harus mempertimbangkan keamanan saat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ayam. Hama yang dapat mempengaruhi ternak, seperti musang dan tikus, sering menyerang kandang yang tidak aman.


Selain keamanan, kenyamanan hewan itu sendiri harus dipertimbangkan saat membuat kandang. Kandang yang baik membuat ayam tetap hangat sehingga tidak mati kedinginan.

Tinggi dan Lokasi Kandang Ayam

Tinggi sebuah kandang juga perlu diperhatikan agar siklus udara yang didapatkan cukup. Ketinggian kandang juga harus diperhatikan agar sirkulasi udara yang dihasilkan cukup. Ketinggian kandang minimal 2 meter di atas tanah untuk mencegah ayam menghirup amonia.

Posisi kandang itu sendiri harus lebih tinggi dari lingkungan atau sekitarnya. mengapa demikian? Kandang ayam yang baik perlu dilindungi dari genangan air hujan dan banjir yang dapat mempengaruhi vitalitas ayam pedaging.

Persiapan Pakan, Air, Obat dan Vitamin

Pakan dan air merupakan salah satu hal penting yang selalu dibutuhkan oleh hewan ternak. Dalam hal ini, ayam perlu diberikan konsumsi sesuai dengan kebutuhan. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan umur ayam dan selalu tersedia agar mudah dimakan.

Ketersediaan akan obat-obatan dan vitamin mempengaruhi Feed Conversion Ratio (FCR) dari hasil produksi ternak itu sendiri. Ayam ternak harus selalu diperhatikan kesehatannya agar FCR lebih rendah.

Baca Juga : 3 Cara Vaksinasi Ayam Potong Broiler

Memahami Cara Pemeliharaan Ayam Potong Broiler

Sebelum memulai peternakan selain memahami apa itu peternakan, cara memelihara hewan ternak dengan baik dan benar tentu sangat diperlukan. Pemeliharaan dalam beternak ayam mencakup menjaga kebersihan kandang, pemberian pakan hingga vitamin pada ayam. Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts