Rekomendasi Pakan Ayam Pedaging Terbaik

Berikut ini 10 rekomendasi pakan ayam pedaging terbaik yang dapat dipertimbangkan untuk kalian para peternak dalam memenuhi kebutuhan gizi ayam ternak kalian

Pakan Ayam Pedaging Terbaik merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh para peternak ayam yang akan diberikan kepada hewan ternaknya.

Pakan ini sendiri harus sudah memenuhi persyaratan untuk digunakan sebagai pakan ternak. 

Memerhatikan pakan ayam pedaging terbaik merupakan salah satu bentuk persiapan untuk menghasilkan ayam pedaging yang berkualitas dan juga bernutrisi. 

Untuk dapat memaksimalkan daging ayam yang berkualitas, yang dapat kita lakukan sebagai peternak ayam adalah teliti dalam menentukan pakan ternak, seperti kita harus mengetahui jenis makanan seperti apa yang efektif bagi ayam. 

Sebelum mengetahui  standar pakan ayam broiler, kamu harus mengetahui jenis pakan ayam pedaging yang terbaik untuk diberikan kepada ayam yang dapat membuat ayam memiliki nutrisi yang baik.

Berikut, Chick-In akan mengulas lebih dalam mengenai 10 Rekomendasi pakan ayam pedaging terbaik:

1. Broiler Starter BR I Crumble

Pakan Ayam Pedaging Terbaik yang direkomendasikan pertama adalah Broiler Starter BR I Crumble.

Broiler Starter BR I Crumble merupakan pakan yang dapat menghasilkan FCR terbaik dan dapat berkembang ke seluruh organ. 

Pakan Ayam broiler starter BR I Crumble ini memiliki kelebihan, yaitu memiliki tekstur crumble yang dapat memudahkan ayam untuk mencernanya.

Untuk kekurangannya di kalangan peternak sampai saat ini belum ada keluhan khusus yang dirasakan selama pakan tersebut diberikan ke ayam broiler mereka

2. Hi Pro Vite 511 Bravo

Hi Pro Vite 511 Bravo merupakan pakan yang terbuat dari jagung, dedak, bungkil kacang-kacangan, tepung daging dan tulang, pecahan gandum, canola, calcium, vitamin, trace mineral dan antioksidan. 

Bahan-bahan tersebut memiliki nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan ayam broiler.

Pakan ayam pedaging terbaik ini disarankan diberikan ke anak ayam dengan umur ayam rentang 1 hari – 20 hari.

Dengan pakan ayam ini, ayam pedaging dapat tumbuh dengan baik karena pakan berbentuk butiran kecil dan mengandung protein sekitar 21-23%.

Pakan Hi Pro Vite 511 Bravo juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Membantu pertumbuhan ayam dengan baik
  2. Dapat melengkapi gizi yang dibutuhkan oleh ayam
  3. Memiliki tekstur berupa crumble sehingga mempermudah ayam untuk menelan dan mencerna dengan baik
  4. Memiliki harga yang relatif murah yang menjadikan pakan ini cocok untuk peternak yang baru memulai usaha peternakan ayam

3. Hi Pro Vite 512 Bravo

Hi Pro Vite 512 Bravo juga merupakan salah satu pakan ayam pedaging terbaik yang terbuat dari bahan – bahan sama seperti yang dimiliki Hi Pro Vite 511 Bravo.

Bahan – bahan tersebut terdiri dari jagung, dedak, bungkil, kedelai, tepung daging dan tulang, pecahan gandum, canola, calcium, phosphorus, vitamin, trace mineral dan antioksidan yang memiliki nutrisi sangat baik untuk pertumbuhan ayam broiler.

Pakan ini disarankan diberikan ke umur ayam dengan rentang 20 hari – panen.

Hal tersebut disebabkan karena pakan memiliki kandungan protein hingga mencapai 19% yang cocok untuk ayam pedaging yang beranjak dewasa.

Pakan ayam pedaging terbaik jenis ini juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Membantu pertumbuhan ayam dengan baik
  2. Dapat melengkapi gizi yang dibutuhkan oleh ayam
  3. Memiliki bentuk berupa pelet sehingga mempermudah ayam untuk menelan
  4. Memiliki harga yang relatif murah yang menjadikan pakan ini cocok untuk peternak yang baru memulai usaha peternakan ayam

Untuk kekurangan dari pakan Hi Pro Vite 512 Bravo ini sendiri adalah tidak cocok untuk diberikan ke ayam segala umur karena memiliki tekstur berupa pelet

4. Pollard

Pollard merupakan salah satu pakan ayam pedaging terbaik yang dihasilkan dari olahan gandum yang diubah menjadi tepung terigu.

Pollard memiliki tiga ragam bentuk pakan, yaitu tepung halus, pelet, dan crumble.

Pakan pollard yang berbentuk seperti tepung memiliki keunggulan, yaitu harga yang sangat relatif untuk dijangkau para pemula peternak ayam.

Sedangkan kerugiannya adalah pakan mudah dikais oleh ayam dan pencampuran yang tidak merata sehingga ada pemisahan bahan yang menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi yang akan dikonsumsi oleh ayam. 

Baca juga: Jenis Pakan Ayam Bernutrisi Tinggi

5. Pakan Ternak Idaman BR-1

Antibiotic growth promoter (AGP) merupakan pakan yang memiliki kandungan untuk mempercepat pertumbuhan ayam broiler.

Tetapi, jenis pakan ayam pedaging terbaik ini tidak mengandung AGP.

Meskipun begitu, tidak perlu khawatir karena semua yang dibutuhkan anak ayam pedaging ada di dalam pakan ini yang dapat membuat pertumbuhan ayam tetap terjaga meskipun tanpa adanya AGP.

Pakan ini termasuk rekomendasi pakan pedaging terbaik untuk para peternak ayam pemula yang ingin memulai usaha beternak ayam untuk diberikan kepada ayam broiler.

6. Dedak

Dedak merupakan pakan ayam pedaging terbaik yang lumayan sering digunakan oleh peternakan dalam negeri di Indonesia.

Dedak merupakan hasil dari penggilingan padi yang diubah menjadi pakan ternak yang memiliki kandungan protein berkisar antara 12-13%.

Dedak memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yang sangat cocok diberikan terhadap anak ayam pedaging hingga dewasa.

Dedak juga memiliki harga yang relatif murah dan mudah untuk diperoleh, sehingga pakan ini dapat diberikan secara terus menerus sebagai pakan utama.

Dedak memiliki ciri khas yaitu mempunyai bau khas wangi, berwarna coklat dan tidak menggumpal. 

Dedak sangat mudah untuk berbau apik jika kualitasnya menurun, sehingga para peternak harus memperhatikan kesegaran dedak agar ayam tetap berselera ketika mengkonsumsi nya.

Tetapi dedak memiliki kekurangan yaitu, karena penggunaan 30% dalam ransum ternyata dapat menurunkan pertambahan berat badan broiler yang disebabkan karena tingginya kandungan lemak dan asam fitat yang menyebabkan fosfor yang terkandung tidak terserap oleh para ternak.

Maka dari itu, jenis pakan ayam pedaging terbaik ini tidak dapat digunakan secara berlebihan.

Karena pada umumnya penggunaan lebih dari 20% akan menghambat pertumbuhan karena terdapat kandungan asam fitat dalam bentuk kompleks dengan protein, pektin dan polisakarida.

7. Sorgum

Sorgum merupakan salah satu tanaman yang dapat dikategorikan sebagai salah satu pakan ayam pedaging terbaik.

Penggunaan biji sorgum dalam ransum pakan ternak dapat menggantikan posisi jagung.

Hal tersebut karena nilai nutrisinya tidak berbeda dengan jagung yang sangat bermanfaat untuk proses pertumbuhan ayam.

Namun karena kandungan tanin yang cukup tinggi, biji sorgum hanya digunakan dalam jumlah terbatas karena dapat mempengaruhi fungsi asam amino dan protein yang dapat mengakibatkan masalah pertumbuhan seperti kelainan pada bagian kaki ayam tersebut.

Kekurangan dari pakan ayam pedaging terbaik jenis ini adalah cukup sulit ditemukan karena hanya terdapat di beberapa wilayah tertentu.

Untuk mengantisipasi kekurangan tersebut, sebaiknya jadwalkan pemberian sorgum bergantian dengan pakan lain dengan porsi nutrisi yang sama.

8. Pellet

Pellet merupakan pakan ayam pedaging terbaik yang praktis dan mudah diperoleh.

Namun harga pelet yang terus naik sangat memberatkan para peternak ayam.

Pakan jenis ini memiliki bentuk silinder dan ketika diberikan di kandang ayam tidak perlu dicampur air terlebih dahulu sehingga tidak mengotori kandang dan mudah disimpan.

Pakan ini menjadi favorit semua ternak ayam karena memiliki tekstur yang padat sehingga mudah untuk dicerna dan dikonsumsi oleh ayam

9. Jagung

Jagung juga menjadi salah satu menu makanan yang paling disukai oleh ternak ayam karena memiliki ukuran yang tekstur yang padat

Berdasarkan hal tersebut membuat para peternak harus memperhatikan tingkat kehalusan jagung tersebut dikarenakan ayam tidak akan suka makan yang bertekstur besar dan keras.

Kandungan yang terdapat dalam jagung merupakan kandungan yang dimiliki pakan ayam pedaging terbaik.

Kandungan tersebut terdiri dari vitamin C, vitamin B, asam lemak, kalium, omega 6 dan masih banyak lagi yang dapat menyehatkan ayam dari usia kecil hingga siap panen. 

Keuntungan menggunakan pakan jagung adalah harganya murah dan sangat mudah untuk diperoleh.

10. Tepung Tulang

Pakan ini biasanya terbuat dari sisa sisa tulang ayam dan tulang ikan yang diolah menjadi tepung halus.

Untuk pakan ini sendiri, para peternak yang baru memulai usaha beternak ayam dapat membuat pakan ini sendiri, sehingga dapat meminimalisir pengeluaran serta limbah di lingkungan peternakan.

Kandungan-kandungan dalam tepung tulang sangat bernutrisi dan dibutuhkan oleh ayam seperti memiliki kalsium tinggi yang dapat meminimalisir masalah tulang keropos ketika ayam sudah cukup dewasa.

Nah, itulah beberapa rekomendasi dari Chickin Indonesia mengenai pakan ayam pedaging terbaik yang dapat dipertimbangkan untuk kalian para peternak dalam memenuhi kebutuhan gizi ayam ternak kalian!

Pastikanlah pakan yang kalian berikan adalah pakan yang memiliki nutrisi yang baik dan sesuaikanlah dengan umur dan takaran yang tepat agar ayam yang dihasilkan memiliki kualitas daging yang berkualitas.

Dengan begitu, keuntungan beternak ayam broiler menjadi lebih maksimal sehingga para peternak dapat meminimalisir kerugian.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia.

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts