Cara Menurunkan Kelembaban Kandang Close House pada Peternakan Ayam Broiler

Memastikan Kondisi Ideal untuk Pertumbuhan Ayam dan Kesehatan Kandang.
Dalam peternakan ayam broiler, menjaga kelembaban kandang close house pada tingkat yang tepat adalah krusial untuk keberhasilan budidaya.

Kelembaban yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada ayam dan mengurangi efisiensi produksi. Artikel ini akan memberikan panduan praktis tentang cara menurunkan kelembaban kandang close house untuk memastikan lingkungan yang optimal bagi ayam broiler.

Pentingnya Menurunkan & Mengontrol Kelembaban Kandang

Sebelum membahas cara menurunkan kelembaban, penting untuk memahami mengapa hal ini begitu krusial. Kelembaban yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit seperti coryza dan kolera ayam, meningkatkan kelelahan panas pada ayam, dan menyebabkan masalah pernapasan.

Selain itu, lingkungan yang lembap juga mempengaruhi kualitas litter dan meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya.

Untuk itu, penting bagi peternak untuk selalu memonitor dan mengkontrol kelembaban di kandang ayam broiler. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menurunkan atau mengendalikan kelembaban kandang broiler

1. Penerapan Ventilasi yang Efektif

Penggunaan sistem ventilasi yang tepat dapat membantu mengurangi kelembaban di kandang close house. Pastikan kandang memiliki sirkulasi udara yang baik dengan memasang kipas exhaust di bagian atas kandang dan kipas sirkulasi udara di bagian bawah. Pengaturan yang benar dari kedua kipas ini akan membantu mengurangi kelembaban dan menjaga udara tetap segar.

2. Pengaturan Suhu yang Optimal

Menjaga suhu di kandang close house pada tingkat yang tepat juga berperan penting dalam mengontrol kelembaban. Suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan peningkatan penguapan air dan mengakibatkan peningkatan kelembaban. Gunakan termometer yang akurat dan pastikan suhu kandang tetap optimal sesuai dengan tahap pertumbuhan ayam.

Kontroler Suhu dan Kelembaban Kandang Ayam Broiler

3. Pengelolaan Sistem Pembersihan Kandang

Sistem pembersihan kandang yang efektif sangat membantu dalam mengurangi kelembaban. Pastikan litter kandang selalu kering dan bersih dengan melakukan pergantian secara rutin. Selain itu, hindari penggunaan litter yang terlalu tebal, karena dapat menyebabkan peningkatan kelembaban.

4. Pengendalian Sumber Air

Air adalah salah satu penyebab utama kelembaban berlebih di kandang close house. Periksa sistem pemberian air secara berkala untuk menghindari kebocoran dan pastikan sistem bekerja dengan baik. Selain itu, tempatkan wadah minum pada tempat yang tepat agar tidak menyebabkan tumpahan air yang berlebihan.

5. Mengelola Kepadatan Populasi

Kepadatan populasi ayam dalam kandang close house harus diatur dengan cermat. Terlalu banyak ayam dalam satu kandang dapat menyebabkan akumulasi panas dan uap air, yang berkontribusi pada peningkatan kelembaban. Pastikan ukuran kandang sesuai dengan jumlah ayam untuk mencegah kepadatan berlebih.

6. Penggunaan Dehumidifier Untuk Menurunkan Kelembaban

Penggunaan dehumidifier atau alat pengurang kelembaban dapat menjadi solusi efektif jika kelembaban kandang sulit dikendalikan secara alami. Dehumidifier akan membantu menyerap kelembaban berlebih di udara dan menjaga tingkat kelembaban yang diinginkan.

7. Monitoring Rutin Kelembaban Udara

Lakukan pemantauan rutin terhadap kelembaban di kandang close house. Dengan memantau secara berkala, Anda dapat mengidentifikasi perubahan kelembaban yang tidak diinginkan dan mengambil tindakan korektif dengan segera.

Tak perlu bolak balik kandang untuk cek tingkat kelembaban kandang, Anda bisa gunakan CI-Touch dan aplikasi Chickin Apps.

Sensor kelembaban yang berada di dalam kandang akan mengirimkan data ke CI-Touch yang dapat dikoneksikan dengan akun Chickin App, sehingga Anda dapat memantau tingkat kelembaban kandang dimanapun dan kapanpun melalui smartphone Anda.

Download GRATIS aplikasi Chickin App Disini (dibawah ini kasih gambar google playstore)

Kesimpulan

Menjaga kelembaban kandang close house pada tingkat yang tepat adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan dan kesehatan ayam broiler. Dengan menerapkan sistem ventilasi yang baik, pengaturan suhu yang optimal, pengelolaan pembersihan kandang, dan penggunaan dehumidifier jika diperlukan, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan produktif bagi ayam broiler Anda. Selamat mencoba!

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts