Tips Memilih Ayam Broiler yang Sehat dan Cara Membudidayakannya

Kalian pastinya udah nggak asing dong dengan ayam broiler? Ayam broiler adalah salah satu ayam pedaging hasil kawin silang dari berbagai jenis ayam unggulan yang tingkat produktivitasnya tinggi. 

Ayam ini disukai peternak untuk usaha budidaya, soalnya masa panennya terhitung relatif cepat, yaitu 35 sampai dengan 40 hari. Ayam broiler dianggap memiliki gen yang amat baik, sehingga produk yang dihasilkan oleh ayam pedaging cenderung berkualitas tinggi.

Cara Budidaya Ayam Broiler

Ketika memilih ayam broiler, sebaiknya kita memperhatikan baik-baik kondisi dari ayam tersebut. Ciri-ciri ayam broiler yang sehat yaitu:

  1. Ayam sangat aktif dan lincah
  2. Memiliki nafsu makan yang cukup baik
  3. Memiliki daya tahan tubuh yang baik
  4. Jinak
  5. Memiliki mata, wajah dan bulu yang cerah
  6. Ayam broiler memiliki tubuh gemuk dan padat
  7. Terdapat banyak lemak di kulit bagian bawah dan di sekitar bagian ekor
  8. Dagingnya kenyal dan empuk ketika dipegang
  9. Kulitnya mengkilat dan gampang sobek

Kalau kamu ingin memulai bisnis di bidang ternak, terutama ayam broiler, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal tersebut ketika mau memulai budidayanya, ya! 

Hal yang selanjutnya perlu kamu ketahui adalah ayam broiler dapat bertelur namun telurnya nggak untuk menetas. Biasanya telur ayam ras ini dimanfaatkan untuk konsumsi aja. Ketika berumur 8 bulan, ayam broiler baru akan bertelur, dan bisa menghasilkan hingga 30 butir telur dalam satu periode, lho. Keren banget ya!

Cara Budidaya Ayam Broiler

Sebelum membangun ternak ayam, tentu ada hal-hal yang harus kita persiapkan, salah satunya ialah bibit. Bibit yang kita pakai adalah DOC, atau ayam yang baru berusia 1 hari. Bobot normalnya 35-40gram per ekor.

Pakan Ayam Broiler

Dari semua kebutuhan, pakan tentu hal terpenting yang wajib diperhatikan dalam pemeliharaan ayam broiler. Biasanya dalam budidaya ayam broiler, sebanyak 70% dari total biaya pemeliharaan dipakai untuk membeli pakan.

Bagi fase starter, terutama day old chicken alias DOC, dapat diberikan crumble atau tepung-tepungan dan untuk growth atau grower sudah bisa diberi pakan berupa pelet.

Selain pemberian pakan yang tepat, ayam broiler juga harus diberi asupan multivitamin yang nantinya akan membuat ayam broilermu tumbuh sehat. Misalnya vitamin C yang dapat menurunkan suhu tubuh DOC ketika heat stress melanda. Kalian bisa membelinya di toko obat hewan terdekat.

Kandang Ayam Broiler

Ketika memulai usaha budidaya, salah satu aset jangka panjang yang harus kita siapkan dengan baik adalah kandang. Jenis kandang yang bisa digunakan untuk ayam broiler yaitu kandang closed house

Kandang closed house ini dilengkapi dengan peralatan canggih yang bisa membantu peternak memantau perkembangan ayam broiler. 

Chickin Indonesia adalah satu contoh perusahaan yang menggunakan model kandang ini. Selain sebagai supplier daging ayam, Chickin Indonesia juga bergerak dalam bidang IoT untuk kandang ayam yang terintegrasi dengan teknologi.

Tipe kandang yang Chickin kembangkan yaitu kandang closed house dikenal dengan Smart Farm. Kandang ini berteknologikan artificial intelligence dalam mengatur keadaan kandang sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran listrik.

Dengan begitu, keuntungan beternak ayam broiler menjadi lebih maksimal sehingga para peternak dapat meminimalisir kerugian.

Untuk hitungan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun kandang closed house, kami pernah membahasnya di biaya pembuatan kandang ayam closed house. 

Nah itulah sedikit info mengenai tips memilih ayam broiler yang sehat dan cara membudidayakannya.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia.

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts