5 Cara Mencegah DOC Ayam Broiler Stress

DOC Ayam Broiler

Kalian tahu ga sih, bukan cuma manusia saja loh yang mengalami stress.

Ayam termasuk unggas yang sangat rentan terkena stress, tingkat kerentanan semakin tinggi saat umur ayam masih kurang dari 14 hari.

Fakta di lapangan menunjukan bahwa stress menjadi penyebab terbesar kematian anak ayam atau day old chicken (DOC).

Peternak harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mencegah kematian DOC akibat stress khususnya di 14 hari pertama kehidupan.

Memastikan DOC minim stress akan meningkatkan kemampuan tubuhnya untuk bertahan hidup serta memiliki tumbuh kembang maksimal sampai di fase finisher dan siap potong.

Maka dari itu, jangan remehkan aspek pemeliharaan. Jika membiarkan stress terus terjadi pada ayam tentu bukan hanya mempengaruhi aspek kesehatan dan tumbuh kembang DOC, tetapi juga memiliki dampak pada keuntungan yang didapatkan oleh peternak.

Stress pada DOC erat kaitannya dengan interaksi DOC pada situasi lingkungan perkandangan yang menimbulkan tuntutan fisik dan psikologi.

Berikut merupakan beberapa cara mencegah stress pada DOC ayam yang efektif:

Cara Agar DOC Ayam Tidak Stress

1. Kandang yang Nyaman

Kandang menjadi poin penting dalam peternakan ayam. Standar kandang DOC yang nyaman terdiri dari lampu, penghangat, kipas, serta terhindar dari udara panas dan dingin. 

Lakukan penjarangan ayam untuk mengurangi kepadatan dan membuat udara di dalam kandang tidak terlalu panas karena Ayam sebenarnya memiliki kemampuan alami untuk meradiasikan panas dari tubuhnya ke lingkungan dengan melebarkan sayapnya.

Tetapi jika kandang terlalu padat, tentu ayam akan kesulitan merenggangkan sayapnya. 

Untuk ayam yang usianya kurang dari 14 hari, sangat penting untuk melakukan pelebaran sekat kandang dalam rangka mengurangi kepadatan kandang sehingga jika heat stress melanda, kepadatan kandang bisa berkurang hingga 10% dari kapasitas kandang. 

Melakukan pengaturan ventilasi dengan membuka semua tirai saat cuaca panas sangat penting agar sirkulasi udara panas di dalam kandang dapat berganti dengan udara yang sejuk dan dingin.

Pengadaan berupa tambahan kipas, blower, hingga hujan buatan mampu membuat pengaturan ventilasi lebih baik. Kandang DOC sangat berbeda dengan kandang ayam fase grower dan finisher, memastikan bahwa kandang sudah ideal untuk ditempati merupakan hal yang penting.

2. Lingkungan yang Nyaman

Selain kandang yang nyaman, pastikan lingkungan sekitar kandang pun juga harus nyaman. Sebisa mungkin bangunlah kandang yang jauh dari hiruk pikuk aktivitas kegiatan manusia.

DOC akan merasa terancam saat berada di lingkungan yang memiliki suara yang terlalu berisik.

3. Diamkan Ayam Beberapa Menit

Membeli bibit DOC dari peternakan lain yang jaraknya cukup jauh dari lokasi kandang menyebabkan bibit DOC rentan stress.

Setelah melakukan perjalanan cukup jauh, jangan langsung memasukan bibit DOC ke dalam kandang, Chickin Indonesia merekomendasikan untuk mendiamkan DOC terlebih dahulu selama beberapa menit.

Setelah DOC terlihat lebih tenang, berikan larutan gula, dan masukkan DOC ke dalam kandang

4. Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin secara teratur dapat meminimalisir kondisi stres pada DOC. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh DOC, vitamin juga mampu merangsang pertumbuhan dan tumbuh kembang DOC menjadi lebih sempurna.

Dalam mengatasi kondisi heat stress, vitamin c memiliki peran yang penting. Penelitian menunjukan bahwa pemberian vitamin c mampu mengatasi kondisi stress akibat faktor iklim. Ayam yang stres tidak mempunyai kemampuan mensintesis vitamin c dalam jumlah yang cukup.

Selain vitamin c, pemberian elektrolit cukup penting karena kondisi stress mempengaruhi ketidakseimbangan asam basa di dalam darah ayam. Pemberian suplementasi elektrolit dapat melalui air minum dari ayam.

5. Pemberian Pakan Sesuai Kebutuhan

Hal paling penting dalam hal pemberian pakan pada DOC yakni harus menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi.

Setiap fase perkembangan ayam memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda. Setiap jenis pakan memiliki nilai gizi yang sudah disesuaikan dengan umur perkembangannya.

Tepung-tepungan merupakan jenis pakan yang memiliki tekstur halus sehingga cocok menjadi pakan DOC karena memudahkan sistem pencernaannya mencerna.

Baca juga terkait: 5 Jenis Pakan Bernutrisi Tinggi Pasti Bikin Ayam Kuat

Selain pakan, pemberian air dingin juga membantu menstabilkan suhu DOC saat udara lingkungan tinggi. Saat suhu tinggi, konsumsi air minum meningkat mencapai 50%. Penting untuk mengatur pola distribusi ketersediaan air secara berkala untuk mencegah ayam saling berebut meminum air.

Automatic Food and Drinking System Chickin
Automatic Food and Drinking System ©Chickin

Dampak Stress pada DOC

Oleh karena itu, ketika DOC menghadapi stress, secara teknis tubuhnya akan memproduksi hormon kortikosteron yang dihasilkan dari kelenjar adrenal.

Hormon kortikosteron membantu DOC mengatasi stress, namun tanpa sadar secara bersamaan menimbulkan efek samping yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya. 

Setiap kali DOC sedang berada pada kondisi stress, ada pelepasan glukosa yang cepat ke dalam darah dan mengakibatkan penipisan cadangan gula yang tersimpan di hati dan otot. 

Penipisan cadangan membuat terjadinya peningkatan pernapasan, perubahan sistem hormon yang mempengaruhi tingkat pH di usus yang pada gilirannya mengganggu keseimbangan mikroorganisme di usus sehingga menyebabkan munculnya bakteri dan jamur yang menyertai hadirnya penyakit pencernaan.

Hormon stress juga mendorong pembentukan dan peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang bereaksi dengan oksigen mengganggu suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh ayam. 

Ciri DOC yang stress

Tidak ada kondisi peternakan yang ayam nya bebas dari stress (zero stress). Stress adalah respon alamiah dari tubuh ayam. Respon peternak dalam menangani stress ayam di kandang sangat penting.

Semakin dini stress dapat dideteksi maka semakin bagus bagi kesehatan dan tumbuh kembang ayam. Untuk bisa mengatasi stress dengan cepat, peternak harus tahu seperti apa ciri-ciri DOC yang stress. Berikut adalah beberapa ciri dari DOC yang stress:

1. DOC Tidak Nafsu Makan

Berkurangnya nafsu makan merupakan ciri perubahan fisiologis dari ayam akibat stress karena itu makanan merupakan faktor penunjang tumbuh kembang ayam.

Saat makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak memenuhi kebutuhan kapasitas nutrisi maka akan memberikan dampak yang serius bagi tumbuh kembang serta kesehatannya.

Dampaknya lanjutan dari nafsu makan yang turun yakni DOC mengalami penurunan sintesa protein, daya cerna protein, disfungsi endokrin, berkurangnya antioksidan, serta terganggunya keseimbangan kalsium dan fosfor dalam darah.

2. DOC Sering Minum

Selain berkurangnya nafsu makan, munculnya heat stress pada DOC menjadi pemicu perubahan fisiologis lainnya yakni terlalu banyak minum. Minum merupakan cara DOC untuk menstabilkan suhu tubuh saat udara lingkungan tinggi. 

Terlalu banyak minum disebabkan oleh kondisi fisik ayam yang tergolong hewan homeothermic (berdarah panas) dengan ciri spesifik tubuh yang tidak memiliki kelenjar keringat dan seluruh bagian tubuhnya tertutup bulu.

3. DOC Gelisah

DOC yang gelisah harus dipisahkan agar tidak mempengaruhi DOC lainnya. Sifat DOC menjadi lebih agresif saat gelisah, sifat yang sering ditemui yakni mematuk bulu dan mondar-mandir tanpa tujuan.

Gejala lain yang dibarengi dengan hadirnya gelisah ditandai dengan bulu yang terus menerus rontok meskipun tidak ada parasit eksternal.

Setelah mengetahui cara jitu mencegah stress pada DOC ayam broiler, teman Chickin semakin tahu kan pentingnya aspek perawatan yang berpengaruh secara langsung terhadap keberhasilan panen ayam?

Stress pada ayam dapat diminimalisir apabila para peternak dapat mendeteksi gejalanya sedini mungkin. Mendeteksi stress penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas ayam dan mencegah kerugian.

Chickin Indonesia melalui Chickin Smart Farm menghadirkan produk perkandangan dengan sistem IoT dalam sistem perkandangan Micro Climate Controller untuk mencegah kondisi stress pada ayam, sekaligus tetap menjaga kualitas perkembangan tubuh ayam.

Selain itu, Chickin juga menyediakan ayam karkas berkualitas untuk kebutuhan industri dengan harga terjangkau melalui Chickin Fresh. Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan


Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts