Manfaat Ajinomoto untuk Ternak Ayam Broiler

Ajinomoto biasanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan, namun menurut penelitian ternyata dapat memberikan pengaruh yang besar bagi ternak ayam broiler.
Karakteristik ayam broiler

Ajinomoto merupakan sebuah penyedap rasa buatan yang hampir digunakan di segala hidangan makanan.

Ajinomoto atau biasa yang disebut dengan MSG/micin ini, merupakan kepanjangan dari Monosodium Glutamat ternyata memiliki manfaat untuk ternak ayam.

Monosodium Glutamat terdiri dari dua penyusun pokok, yaitu sodium (Na) atau mineral dan asam glutamat yang merupakan asam amino.

Sodium ini dapat digunakan untuk menjaga tekanan osmotik sel sedangkan asam amino merupakan salah satu penyusun protein yang dapat meningkatkan pertumbuhan ayam broiler.

Untuk dapat memaksimalkan daging ayam yang berkualitas, yang dapat kita lakukan sebagai peternak ayam adalah teliti dalam menentukan pakan ternak.

Seperti kita harus mengetahui jenis makanan dan nutrisi seperti apa yang efektif bagi ayam. 

Baca juga: Rekomendasi Pakan Ayam Pedaging Terbaik

Karena biasanya monosodium glutamat atau yang dapat kita sapa dengan MSG ini digunakan sebagai penyedap rasa makanan.

Namun menurut berbagai penelitian yang ada mengenai MSG ajinomoto ternyata dapat memberikan pengaruh yang besar bagi ternak ayam broiler.

Berikut dibawah ini penjelasan rinci mengenai manfaat ajinomoto untuk ayam broiler, sebagai berikut.

1. Memacu Pertumbuhan dan Perkembangan Ayam

Ajinomoto atau monosodium glutamat ini ternyata memiliki manfaat dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan ayam dengan dosis yang benar.

Dosis yang dianjurkan pada penelitian yang dilakukan adalah sebesar 7,5 mg, 15 mg, dan 22,5 mg perhari yang dicampurkan atau diberikan pada pakan ayam broiler tersebut.

Baca juga: Standar Pakan Ayam Broiler

Jika dosis yang diberikan berlebihan atau melebihi yang dianjurkan, maka fungsi MSG itu sendiri bukan menjadi memacu pertumbuhan tetapi dapat membahayakan ternak ayam broiler.

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa glutamat pada MSG dosis tinggi dapat bertindak racun yang menyebabkan kerusakan sel saraf.

Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa perbedaan dapat terlihat pada bertambahnya bobot ayam dan peningkatan konsumsi pakan menunjukkan hasil ≤ 20% yang menandakan penelitian tersebut reliabel.

Karena monosodium glutamat ini terdiri dari asam amino dan natrium, pemberian MSG ini jika diberikan selama 3 minggu dapat dibuktikan dapat mempercepat pertumbuhan ternak ayam broiler.

2. Berpengaruh terhadap Struktur Mikroanatomi Ren Ayam

Ren merupakan salah satu organ yang bertanggung jawab untuk ekskresi berbagai sisa metabolisme didalam tubuh dan dapat membantu mengatur homeostasis.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jika dosis MSG yang diberikan kepada ternak melebih yang dianjurkan dapat menimbulkan efek keracunan.

Keracunan tersebut biasanya berupa adanya efek toksik.

Keracunan di dalam ren ayam dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu akut dan kronis.

Kerusakan akut biasanya berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu, sedangkan kerusakan kronis biasanya berlangsung selama beberapa tahun.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak ayam yang kita pelihara guna untuk menjaga kelangsungan hidupnya serta menjaga metabolisme ternak ayam tersebut.

Nah, itulah hasil penelitian dan uji coba yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh apa pemberian ajinomoto atau MSG untuk ayam broiler. 

Dan dapat disimpulkan bahwa ajinomoto dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Selain itu juga berpengaruh pada kerusakan struktur mikroanatomi ren jika dosis yang diberikan tidak sesuai yang dianjurkan atau berlebihan.

Pastikanlah pakan yang kalian berikan memiliki nutrisi yang baik dan sesuaikanlah dengan umur dan takaran yang tepat agar ayam yang dihasilkan memiliki kualitas daging yang berkualitas.

Dengan begitu, keuntungan beternak ayam broiler menjadi lebih maksimal sehingga para peternak dapat meminimalisir kerugian.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia.

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts