Ayam Sulit Bernafas: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

ayam suit bernafas

Ayam sulit bernafas menjadi masalah umum yang terjadi di kalangan peternak ayam broiler di Indonesia. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya ialah virus yang bernama Gallid alphaherpesvirus 1.

Peternakan ayam memang menjadi salah satu sektor perekonomian yang berkembang dan berperan penting dalam ketahanan pangan manusia.

Meskipun demikian, perkembangan peternakan ayam juga bergantung kepada suhu dan udara suatu daerah karena itu dapat berpengaruh kepada kesehatan ayam itu sendiri.

Ada beberapa penyakit dan virus yang sering diidap oleh ayam broiler, diantaranya adalah sulit bernafas.

Nah, apa yang dimaksud dengan penyakit tersebut? Bagaimana ciri-ciri dan penyebabnya? Mari simak ulasan berikut ini!

Pengertian Ayam Sulit Bernafas

Ayam sulit bernafas ialah penyakit akut pada ayam dengan tanda gejala khas pada saluran pernafasan, seperti sulit bernafas, dan keluarnya cairan darah.

Penyakit satu ini selalu berhubungan dengan pernapasan ayam. Biasanya menyerang pada ayam-ayam yang berumur muda.

Penyebab Penyakit Ayam Sulit Bernafas

Penyebab utama dari penyakit ayam sulit bernafas ini ialah suatu virus yang bernama Gallid herpesvirus 1 (GaHV-1).

Gallid herpesvirus 1 (GaHV-1) adalah suatu virus yang masuk ke dalam genus Iltovirus, bagian dari famili Alphaherpesvirinae, Herpesviridae.

Genom ILTV berisi DNA untai ganda linier 150-155 kb yang mengkodekan urutan panjang (UL) unik (UL), pendek unik (AS) dan dua pengulangan terbalik (IR).

Gejala & Ciri-Ciri Penyakit Ayam Sulit Bernafas

Ayam sulit bernafas memiliki beberapa gejala, yang paling umum terjadi adalah leher menjulur ke atas dan menurunnya tingkat nafsu makan dan minum pada ayam.

Ayam dengan gejala ini bisa saja mengalami kesulitan bernafas atau sesak nafas. Meskipun memiliki gejala tersebut, ayam perlu diidentifikasi lebih lanjut melalui beberapa ciri berikut ini:

  1. Terdapat lendir pada mulut atau feses
  2. Keluarnya cairan tubuh berbentuk darah
  3. Adanya leleran pada hidung ayam
  4. Suara ngorok yang dibarengi dengan batuk dan tarikan nafas
  5. Ayam tampak lesu
  6. Menurunnya produksi telur
  7. Mata berair

Risiko Ayam Sulit Bernafas

Selain membuat ayam menjadi lesu dan menurunkan tingkat produksi telur, ayam sulit bernafas memiliki risiko kematian sangat tinggi.

Maka dari itu, apabila ada satu ayam dalam suatu kandang mengidap penyakit ini, harus segera dipindahkan dan diobati agar tidak menular dan meningkatkan jumlah kematian pada kandang tersebut.

Cara Mengobati Ayam Sulit Bernafas

Pengobatan ayam sulit bernafas bisa dengan obat-obatan yang banyak terjual di pasar hewan secara offline dan online dengan berbagai merek dan jenis.

Selain dengan obat-obatan kimia, ayam yang mengalami sulit bernapas dapat diobati secara alami, yaitu dengan menggunakan bawang putih.

Adapun cara memberikan bawang putih kepada ayam ialah dengan mengupas kulit bawang putih, lalu potong kecil-kecil dan masukan ke dalam mulut ayam.

Cara Mencegah Ayam Sulit Bernafas

Pencegahan terjadinya ayam sulit bernafas sebenarnya tidak terlalu sulit dan dapat dikatakan cukup mudah. Berikut beberapa cara pencegahannya:

1. Menjaga Kesehatan Ayam

Kesehatan ayam menjadi hal yang paling utama agar tidak terkena penyakit. Ayam sulit bernafas itu sendiri disebabkan karena adanya virus yang menempel, maka kesehatan ayam harus sangat diperhatikan.

2. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang ayam juga harus selalu diperhatikan, apabila ingin memindahkan ayam dari satu kandang ke kandang lainnya, maka perlu dipastikan bahwa kandang tersebut telah dibersihkan dan disterilisasi.

3. Isolasi ayam yang sakit

Pengisolasian atau memisahkan antara ayam yang sakit yang sehat menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya ayam sulit bernafas, karena ditakutkan terdapat virus yang menjadi faktor penyebab penyakit tersebut.

Demikian pembahasan terkait ayam yang mengalami sulit pernapasan atau sesak nafas. Selain penyakit ILT ini kami telah merangkum beberapa penyakit ayam yang sering terjadi pada  7 Penyakit Ayam Broiler dan Cara Mengatasinya.

Chickin Smart Farm App untuk Kelola Kandang

Kini Chickin Smart Farm App hadir dalam membantu dan memudahkan para peternak memproses pengelolaan kandang ayam secara mudah dan tepat. Berbasis teknologi terkini, kami yakin dapat memberikan hasil yang optimal dan maksimal.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia.

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan.

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts