Fowl Typhoid Ayam: Penyebab, Gejala, dan Penanganan

Fowl Typhoid pada Ayam

Ayam broiler atau biasa masyarakat kenal dengan ayam pedaging merupakan unggas yang rentan terkena penyakit.

Peternakan ayam memiliki prospek yang baik karena memiliki nilai jual dan permintaan serta kebutuhan masyarakat yang tinggi.

Meskipun bisnis ini cukup menjanjikan, untuk menjadi seorang peternak ayam tidak mudah. Banyak kendala yang akan dihadapi, salah satunya ialah ayam terkenal penyakit Fowl Typhoid.

Pengertian Fowl Typhoid

Fowl Typhoid adalah penyakit ayam yang disebabkan oleh sebuah bakteri yang bernama Salmonella enterica subspecies enterica serovars Gallinarum biovars Gallinarum atau dikenal singkatnya Salmonella gallinarum.

Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui telur, bersifat vertikal yaitu dari induk ayam ke anaknya. Maka, perlu diperhatikan betul terkait kesehatan induk ayam dan kebersihan kandang.

Penyebab Penyakit Fowl Typhoid pada Ayam

Penyebab utama penyakit fowl typhoid adalah bakteri Salmonella gallinarum. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit kronis sehingga akan mendapatkan kesulitan untuk di eradikasi.

Dampak dari bakteri satu ini tidak main-main karena menyerang usus dan dapat menyebabkan diare pada ayam yang terkena bahkan kematian.

Gejala & Ciri-Ciri Penyakit Fowl Typhoid pada ayam

Gejala dan ciri-ciri ayam yang terkena penyakit fowl typhoid dapat dibagi berdasarkan usia dan umurnya, yaitu:

  1. Anak Ayam

Jika telur yang terkena bakteri Salmonella gallinarum dan menyebabkan penyakit fowl typhoid pada anak ayam yang ditetaskan, maka ayam tersebut akan tampak lemah, terlihat mengantuk, pertumbuhan terhambat, nafsu makan menurun, adanya material putih yang terletak pada sekitaran kloaka hingga kematian.

  1.  Ayam Dewasa

Pada ayam yang sudah dewasa, penyakit fowl typhoid dapat ditandai dengan penurunan konsumsi pakan yang sangat drastis atau penurunan nafsu makan, sayap menggantung, bulu-bulu pada berdiri sendiri, daerah wajah berwarna pucat. Apabila parah, akan mati dalam jangka waktu 4-7 hari sejak terinfeksi.

Diagnosa Penyakit Fowl Typhoid

Diagnosa ayam yang terkena penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan biokimia dan serologis. Perlu juga adanya pemeriksaan molekuler agar dapat membedakan antara Salmonella gallinarum dan Salmonella Pullorum.

Cara Mengobati Fowl Typhoid pada Ayam

Untuk mengobati ayam yang telah terkena penyakit berbahaya ini dapat dengan memberikan Amoxicillin, tetracyclines,  dan fluoroquinolones.

Obat-obat tersebut merupakan antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang terdapat dalam tubuh ayam. Mekanisme kerjanya ialah dengan mencegah pertumbuhan bakteri dengan cara dihancurkan tubuhnya.

Cara Mencegah Fowl Typhoid pada Ayam

Pencegahan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella ini sama seperti penyakit-penyakit lainnya, yaitu dengan meningkatkan biosekuriti dan pemberian vaksin secara rutin.

Apabila sudah terdapat ayam yang terpapar penyakit ini, agar segera memisahkan dari ayam-ayam yang lainnya ke kandang yang berbeda dan di sterilisasi.

Untuk mempermudah pengelolaan kandang agar tetap bersih dan terkontrol dengan mudah, kamu biasa menggunakan aplikasi Smart Farm dari Chickin Indonesia!

Aplikasi berbasis teknologi yang mempermudah para peternak untuk mengontrol dan mendapatkan data aktual dari kandang ayam agar mendapatkan hasil yang maksimal dan efisien.

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan.

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts