Rincian Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong 5000 Ekor

Biaya-Ternak-Ayam-Potong-5000-Ekor

Ketika kamu memilih untuk ternak ayam potong, waktu yang kamu butuhkan cukup 4 sampai 6 minggu saja karena pertumbuhannya relatif cepat.

Namun, sebelum mulai beternak, kamu harus memahami persiapan apa saja yang kamu butuhkan. Salah satunya tentang kandang. Kali ini, Chickin akan membahas biaya untuk pembuatan kandang ayam potong.

Mengenal Jenis atau Tipe Kandang Ayam Potong

Sebelum kita mulai membahas rincian biaya pembuatan kandang, kita terlebih dahulu akan membahas jenis kandang ayam potong. Pada umumnya terdiri dari dua macam yaitu:

1. Jenis Terbuka

Jenis terbuka atau open house adalah jenis kandang ayam potong yang cukup terkenal. Hampir semua peternak rumahan menggunakan jenis ini. Kandang tipe terbuka sangat cocok dengan iklim tropis karena sirkulasi udaranya lumayan cocok. Serta biaya pembuatannya pun cukup terjangkau.

Meskipun cocok dengan iklim tropis, perubahan kondisi lingkungan luar yang cukup ekstrim sangat memengaruhi suhu di dalam kandang. Baik itu angin, panas, maupun kelembaban udara. Jika ayam tidak cocok dengan cuacanya, mereka bisa sakit dan tentunya mempengaruhi hasil produksi daging.

Dataran tinggi di Indonesia memiliki angin yang kencang dan suhu yang tinggi. Sedangkan dataran rendah memiliki kelembaban yang tinggi dan suhu yang dingin. Apabila kamu akan menggunakan jenis ini, kamu harus memperhatikan dan merawat ayam dengan baik dan konsisten.

2. Jenis Tertutup

Kandang jenis closed house adalah jenis kandang ayam potong yang cukup populer di banyak negara maju seperti Amerika Serikat. Di Indonesia, kandang jenis tertutup sudah mulai banyak bertebaran. 

Uniknya, istilah lain jenis tertutup adalah kandang otomatis. Dengan adanya alat yang mengatur suhu atau kondisi lingkungan di dalam kandang, ayam potong di dalam kandang tertutup lebih terjamin hasilnya.

Kalau kamu menginginkan hasil yang terbaik, kamu bisa mulai mempertimbangkan kandang jenis tertutup. Tidak lupa menggunakan alat pengatur suhu seperti Micro Climate Controller. Kamu akan dengan mudah mengatur suhu dan kelembaban udara yang menyesuaikan dengan kondisi ayam potong.

Meskipun demikian, biaya yang kamu keluarkan untuk modal awal kandang cukup merogoh kocek. Karena kita tahu bahwa kandang tertutup memanfaatkan sistem teknologi otomatis yang membutuhkan biaya besar. Jadi, bila kamu ingin menggunakan kandang tertutup, kamu membutuhkan investasi dan beban operasional yang cukup tinggi.

Menghitung Ukuran Kandang Ayam Potong

Dalam menghitung ukuran kandang, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai ukuran ideal dan tingkat kepadatan populasi ayam potong yang wajar. Tingkat kepadatan sangat berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam kandang.

1. Ukuran Ideal Kandang Ayam Potong

Setelah kita membahas jenis kandang, sekarang mari kita mulai membahas ukuran kandang terlebih dahulu. Idealnya, patokan ukuran kandang bergantung pada jumlah ekor per meter persegi (m2). Setiap meter persegi dapat kita isi sekitar 8 sampai 12 ekor ayam potong.

Selain luas, tinggi kandang juga pada umumnya berkisar 2,25 hingga 2,5 meter. Sedangkan lebarnya bisa 4 – 8 meter. Jika ukuranya melebihi dari ukuran ideal, suhu di dalam kandang tidak akan merata. Begitu pula kalau ukurannya lebih kecil, suhu di dalam kandang akan cepat meningkat dan memengaruhi pertumbuhan ayam potong.

Selanjutnya, terdapat atap. Pada umumnya, atap kandang ayam menggunakan bahan genting, alumunium, asbes, maupun seng. Sebenarnya, atap berbahan seng kurang baik untuk ayam potong karena dapat memicu stres panas jadi sebaiknya hindari menggunakan seng.

Derajat kemiringan serta jarak atap lantai kandang ayam potong juga perlu kamu pertimbangkan. Kemiringan atap yang baik adalah sekitar 30 hingga 35 derajat. Sedangkan jarak atap dan lantai agar semakin optimal sekitar 2,5 sampai 3 meter.

2. Tingkat Kepadatan Kandang Ayam Potong

Meskipun kita sudah membahas ukuran ideal kandang ayam potong, ada hal lain yang juga perlu kita pertimbangkan. Ketika umur ayam bertambah, suhu yang mereka butuhkan tentu jadi berubah. Oleh karena itu setiap meter persegi per populasi berbeda-beda. Berikut adalah tabel penentuan kepadatan suatu kandang:

Umur Ayam PotongKepadatan Populasi (m2)
1 Hari – 1 Minggu40 – 50 Ekor
2 Minggu20 – 25 Ekor
> 2 Minggu8 – 12 Ekor

Bisa kita lihat pada tabel tersebut semakin umur ayam bertambah, populasi per meter persegi semakin berkurang. Hal tersebut karena tubuh ayam potong akan semakin bertambah besar. Di sisi lain, kepadatan ideal ini sangat memengaruhi toleransi suhu agar kandang tidak cepat panas yang bisa mengurangi energi ayam potong.

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong

Akhirnya kita sampai pada materi mengenai biaya pembuatan kandang ayam potong. Di sini, Chickin akan berfokus pada rincian biaya kandang jenis terbuka. Seperti yang kita tahu, jenis terbuka ini sangat terkenal di Indonesia. Sumber data diambil dari berbagai sumber mulai tahun 2019 – 2021.

Bila kita memiliki 5000 ekor ayam potong, artinya kita membutuhkan sekiranya 625 m2 untuk umur ayam >2 minggu dan 125 m2 bila umur ayam 1 hari – 1 minggu. Dengan bangunan berkapasitas 5000 ekor, berikut adalah tabel bahan dan biaya yang kamu butuhkan:

Bahan/KebutuhanHarga SatuanBanyaknyaTotal Harga
Bambu Rp. 1.250200 batangRp. 250.000
Kayu BatanganRp. 15.000300 batangRp. 4.500.000
Papan TriplekRp. 50.0005 buah @3mmRp. 250.000
GentingRp. 902.600 buahRp. 234.000
KawatRp. 400.0001 buah @20 meterRp. 400.000
Paku RengRp. 2.0005 kgRp. 10.000
Paku UsukRp. 1.8003 kgRp. 5.400
TaliRp. 5.00028 meterRp. 14.000
Tenaga KerjaRp. 1.000.0003 orangRp. 3.000.000
Biaya LainnyaRp. 2.000.000
TOTALRp. 10.663.400

Perhitungan tersebut bisa berbeda-beda tergantung dengan harga setempat. Seperti yang kita tahu setiap daerah memiliki patokan harganya masing-masing. Biaya pada tabel merupakan biaya estimasi. Total biaya untuk kandang ayam potong 5000 ekor sekitar Rp. 10.663.400 atau bisa kita genapkan sekitar Rp. 11.000.000.

Bagaimana dengan Biaya Pemeliharaan Kandang Ayam Potong?

Berbicara mengenai pemeliharaan, kandang ayam potong yang dibuat dan dirawat dengan baik pastinya tahan lama. Pastikan kandang ayam potong bersifat memanjang ke arah timur atau barat sesuai pancaran sinar matahari agar terkena sinarnya. Selain itu, memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik sangat penting bagi kandang ayam potong.

Biaya pembuatan kandang ayam potong tentunya jauh lebih besar daripada biaya pemeliharaannya. Selain itu, kandang jenis terbuka ini awet minimal 5 tahun. Beban operasional kandang jenis terbuka sekitar Rp. 2.000.000 saja. Tak lupa untuk selalu membersihkan kandang dengan desinfektan agar tetap bersih dan aman.

Siap Mulai Ternak Ayam Potong?

Setelah mengetahui rincian biaya kandang ayam potong untuk 5000 ekor, sekarang saatnya kamu mulai mempertimbangkan hal lainnya yang bisa kamu baca di artikel berjudul “8 Persiapan Sebelum Memulai Beternak Ayam Potong Broiler”.

Demi menjaga ketahanan pangan di Indonesia membaik, kamu bisa berkontribusi sebagai peternak ayam. Mulailah berintegrasi menjadi smart farm menggunakan sistem IoT perkandangan Micro Climate Controller dari Chickin Indonesia. Mari kita jaga sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin juga hadir menyediakan produk hilir bagi kebutuhan industri kuliner maupun kebutuhan konsumsi sehari-hari melalui Chickin Fresh. Ayam karkas yang kami sediakan berasal dari Smart Farm sehingga sudah terjamin kualitasnya.

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts