Alat Ternak Ayam Yang Bisa Dioperasikan Secara Otomatis

Alat Ternak Ayam yang Revolusioner: Kemudahan dengan Otomatisasi

Ternak ayam adalah salah satu usaha yang terus berkembang di industri peternakan. Namun, menjaga kesejahteraan dan produktivitas ayam bukanlah tugas yang mudah. Inilah mengapa otomatisasi dalam alat ternak ayam telah menjadi tren penting dalam membantu peternak mencapai hasil yang lebih baik dengan usaha yang lebih sedikit. Dalam artikel ini, kita akan membahas alat ternak ayam yang bisa dioperasikan secara otomatis, dan bagaimana alat-alat ini mampu mengoptimalkan lingkungan ternak ayam.

Ada banyak hal yang harus dikerjakan dalam beternak ayam broiler, jadi kalau ada 1 atau 2 hal yang bisa diautomatisasi pakai teknologi akan sangat membuat operasional kandang jadi lebih efektif dan efisien.

Min Chick

Manfaat Menggunakan Alat Ternak Ayam Yang Serba Otomatis

Otomatis disini bukan berarti sepenuhnya lepas tangan, karena pada dasarnya beternak ayam broiler tetap membutuhkan sentuhan langsung manusia. Namun mengganti beberapa pekerjaan yang berulang dengan teknologi akan sangat membantu pekerjaan kita.

Kita dapat kita otomatisasi sehingga alat ternak ayam tersebut dapat bekerja sesuai perintah dan pengaturan kita tanpa perlu dioperasikan secara manual oleh peternak maupun anak kandang. Adapun beberapa manfaat jika kita melakukan automatisasi pada alat ternak yang kita gunakan adalah:

  • Beban Kerja Berkurang Hal-hal sederhana sekalipun jika dilakukan berulangkali akan membuang banyak waktu dan tenaga. Dengan menggunakan teknologi, peternak maupun anak kandang dapat menghemat waktu, tenaga dan fokusnya untuk sesuatu yang penting lainnya.
  • Lebih Akurat Beberapa pekerjaan seperti memantau suhu dan kelembaban kandang lalu kemudian mengaturnya agar sesuai standar suhu dan kelembaban yang tepat merupakan salah satu pekerjaan penting, berulang dan membutuhkan ketelitian. Dengan beban kerja dan jam kerja yang panjang, jika dilakukan oleh manusia saja akan sangat rentan terjadi human erorr. Karena itu, teknologi jadi solusi agar hasilnya lebih akurat.
  • Lebih Mudah dan Cepat, Teknologi juga mempercepat dan mempermudah suatu proses. Jika dilakuakn manual butuh waktu 1 jam, dengan teknologi sekali klik hasilnya muncul dalam beberapa menit.
  • Meningkatkan Produktifitas Hasil Ternak dengan operasional kandang yang lebih efektif berdampak pada hasil panen dimana ayam dapat tumbuh dengan lebih sehat dengan biaya dan effort yang lebih efisien.

5 Alat Ternak Ayam Yang Bisa Dioperasikan Otomatis

1. Blower atau Kipas

Blower adalah salah satu alat yang membantu sirkulasi udara yang optimal di dalam kandang. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu mengurangi tingkat kelembaban, suhu dan amoniak di dalam kandang, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko penyakit dan stres pada ayam.

Dengan bantuan sensor suhu dan kelembaban yang terhubung, blower dapat bekerja secara otomatis untuk menjaga kondisi udara yang ideal.

2. Heater

Pentingnya suhu yang tepat dalam kandang ayam tidak dapat diabaikan. Heater atau pemanas otomatis dapat membantu menjaga suhu yang optimal di dalam kandang, terutama selama cuaca dingin dan di masa brooding.

Heater yang dapat diatur secara otomatis adalah heater yang dapat terhubung dengan listrik. Baik itu yang berbahan bakar gasolec, solar maupun listrik. Dengan pengaturan suhu yang dapat diprogram, alat ini dapat beradaptasi dengan perubahan cuaca secara otomatis.

3. Celldex/Cooling Pad

Saat suhu naik, ayam dapat mengalami stres panas yang berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitas mereka. Celldex atau cooling pad adalah alat yang membantu menjaga suhu yang nyaman di dalam kandang saat cuaca panas. Ini bekerja dengan cara menyimpan dan menyebarkan air untuk mereduksi suhu udara. Dengan sistem otomatis yang terhubung dengan sensor suhu, cooling pad dapat mengaktifkan dirinya sendiri saat suhu mencapai batas tertentu.

4. Lampu

Lampu bukan hanya untuk menerangi kandang, tetapi juga dapat mempengaruhi ritme biologis ayam. Memanfaatkan sistem otomatisasi untuk mengontrol lamanya paparan cahaya dalam sehari dapat mempengaruhi produksi telur. Dengan mengatur siklus cahaya yang sesuai, alat ini membantu merangsang hormon reproduksi pada ayam, sehingga mereka cenderung lebih produktif.

5. Mesin pakan otomatis

Beberapa jenis alat pemberian pakan ada yang sudah bisa digerakan secara otomatis menggunakan listrik. Alat ini dirancang untuk memberi pakan pada waktu yang tepat dan dalam jumlah yang sesuai. Dengan mengatur jadwal pemberian pakan, alat ini membantu menjaga pola makan yang konsisten di antara ternak, yang pada gilirannya mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ayam.

6. Pencatatan Harian: Memantau dengan Tepat

Pencatatan harian merupakan bagian penting dalam manajemen peternakan ayam. Meskipun bukan alat fisik, penggunaan perangkat lunak atau aplikasi khusus dapat membantu peternak mencatat data seperti konsumsi pakan, pertumbuhan ayam, produksi telur, dan kondisi lingkungan. Dengan fitur otomatis, data dapat diambil dan disimpan secara teratur tanpa kesalahan manusia.

Donwload Aplikasi Manajemen Kandang Chickin App DISINI

Serba Otomatis Dengan Kontroler Kandang CI-Touch

Alat Ternak Ayam yang disebutkan diatas pada dasarnya dapat berjalan sendiri-sendiri, namun untuk hasil yang lebih optimal dan pengoperasian yang lebih efisien, alat-alat tersebut juga dapat dijalankan secara terpadu melalui sebuah kontroler kandang.

Salah satunya CI-Touch, kontroler kandang dengan teknologi berbasis IoT yang dikembangkan Chickin Indonesia. Kontroler kandang ini dapat memantau dan mengontrol suhu dan kelembaban kandang secara otomatis. Ia dapat menyala dan matikan blower, heater, celldex, lampu sesuai kebutuhan suhu dan kellmbaban yang kita inginkan.

Apa saja fitur-fiturnya cek disini

Fitur Kontroler Kandang CI-Touch

Untuk Informasi dan Pemesanan KLIK DISINI

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts