Kenali Macam-macam Obat Agar Ayam Broiler Tidak Stress

Ayam broiler adalah jenis ayam yang dibesarkan secara khusus untuk dipotong dan diolah. Ayam broiler memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga rentan terhadap stres. Stres pada ayam broiler dapat menyebabkan berbagai masalah,penurunan kualitas daging, dan bahkan kematian.

Untuk mengatasi stres pada ayam broiler dapat dilakukan dengan memberikan lingkungan yang nyaman, seperti mengatur suhu dan kelembaban yang sesuai. Opsi kedua peternak dapat memberikan obat pada ayam. Obat-obatan ini dapat diberikan melalui air minum, pakan, atau suntikan. Berikut adalah beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengurangi stres pada ayam broiler:

Baca Juga : 6 Vitamin Ayam Broiler agar Cepat Besar

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan ayam broiler. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam, sehingga dapat melindungi ayam dari berbagai penyakit termasuk juga dapat membantu mengurangi stres pada ayam, sehingga dapat meningkatkan produktivitas ayam.

Ayam broiler membutuhkan vitamin C dalam jumlah yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Kebutuhan vitamin C untuk ayam broiler adalah sekitar 250-500 mg per kg pakan. Vitamin C dapat diberikan melalui air minum, pakan, atau suntikan.

Vitamin Elektrolit

Vitamin elektrolit adalah kombinasi dari vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam. Keseimbangan elektrolit yang terganggu dapat menyebabkan stres pada ayam, yang dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti penurunan produksi telur, penurunan kualitas daging, dan bahkan kematian.

Vitamin elektrolit biasanya mengandung natrium, kalium, klorida, magnesium, dan kalsium. Elektrolit-elektrolit ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk:

  • Mengontrol tekanan darah
  • Membantu kontraksi otot
  • Menghantarkan sinyal saraf
  • Menyimpan air dalam tubuh

Ayam broiler membutuhkan vitamin elektrolit dalam jumlah yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Kebutuhan vitamin elektrolit untuk ayam broiler adalah sekitar 0,5 gram per liter air minum. Vitamin elektrolit dapat diberikan melalui air minum, pakan, atau suntikan.

Baca Juga: Fitobiotik, Pakan Herbal untuk Ayam Broiler yang Bikin Ayam Sehat dan Produktif

Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat, yang dikenal juga dengan soda kue, adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat kue. Namun, ternyata soda kue juga memiliki khasiat lain, yaitu membantu mengendalikan stres akibat cuaca panas atau heat-stress pada ayam broiler.

Pada ayam broiler yang terkena heat-stress, soda kue dapat membantu menjaga pengeluaran cairan dari sel-sel tubuh ayam dengan menjaga keseimbangan elektrolitnya. Keseimbangan elektrolit yang terganggu dapat menyebabkan ayam kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi.

Larutan Elektrolit Alternatif 

Larutan elektrolit alternatif adalah larutan yang dapat digunakan untuk menggantikan larutan elektrolit komersial yang biasa digunakan untuk ayam broiler. Larutan elektrolit alternatif ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alami, seperti air kelapa, minuman isotonik, jahe, dan lainnya.

Larutan elektrolit alternatif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan larutan elektrolit komersial. Pertama, larutan elektrolit alternatif lebih murah. Kedua, larutan elektrolit alternatif lebih mudah didapat. Ketiga, larutan elektrolit alternatif memiliki efek samping yang lebih kecil.Pemberian larutan elektrolit alternatif dapat membantu menjaga kesehatan dan produktivitas ayam broiler.

Selain memberikan obat anti stress, peternak juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan stress pada ayam broiler, seperti suhu lingkungan, kondisi kandang, dan penanganan ayam. 

Jika stress disebabkan oleh suhu lingkungan, maka peternak dapat menggunakan teknologi climate change dari CI-Touch. Ini merupakan teknologi yang mampu melakukan monitoring dan kontrol suhu serta kelembaban kandang secara otomatis. Hal ini karena CI-Touch memiliki teknologi AI yang dapat mengukur kondisi kandang melalui sensor secara akurat dan melakukan penyesuaian pengaturan suhu kandang. Dengan begitu peternak dapat membantu mencegah stress pada ayam broiler dan meningkatkan produktivitasnya.

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts