Tips Membeli dan Menyimpan Karkas Ayam Frozen

Karkas Ayam

Teman-teman pecinta ayam pasti sudah tidak asing lagi dengan karkas ayam frozen, bukan?

Karkas ayam frozen merupakan karkas ayam yang dijual dalam kondisi beku dengan tujuan agar karkas dapat menjadi lebih awet dan tahan lama. Proses pembekuan ini berguna untuk mempertahankan mutu daging karkas dari kerusakan sehingga daging karkas layak konsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Banyak masyarakat lebih memilih untuk membeli karkas ayam segar daripada karkas ayam frozen yang telah melalui proses pembekuan.

Padahal, karkas ayam segar tidak selalu lebih baik daripada karkas ayam frozen. Nyatanya, ayam hidup yang baru saja melalui proses pemotongan dan dibiarkan dalam suhu ruang yang terlalu lama akan lebih rentan terhadap penyakit, bakteri, dan kuman.

Daging karkas ayam frozen pun mengandung bakteri pula. Meskipun begitu, apabila proses pembekuan berjalan dengan baik dan sesuai aturan kesehatan yang semestinya, maka bakteri tidak akan berkembang dan akan memiliki resiko rendah, sehingga tidak akan menularkan penyakit.

Oleh karena itu, Teman Chickin perlu mengetahui betul tips membeli dan menyimpan karkas ayam frozen dengan benar.

Pada dasarnya, karkas ayam frozen maupun ayam segar yang sehat dan berkualitas memiliki ciri-ciri dan proses penyimpanan yang sama. Penasaran dengan tips membeli dan menyimpan karkas ayam frozen? Yuk, simak baik-baik!

Kemasan Rapi dan Tidak Rusak

Hal pertama yang tidak boleh luput dalam perhatian ketika membeli karkas ayam frozen adalah kemasan karkas.

Kemasan merupakan aspek penting yang memiliki pengaruh besar terhadap kualitas karkas ayam, terlebih lagi karkas ayam frozen yang melalui proses penyimpanan cukup lama.

Sebagai pelindung karkas ayam dari berbagai kuman dan bakteri, kemasan berperan penting untuk menjaga kelayakan konsumsi karkas ayam.

Karkas Ayam Chickin Fresh
Karkas ayam Chickin Fresh@Chickin

Apabila kemasan karkas ayam rusak atau bahkan sobek, maka daging karkas akan dengan mudah terpapar oleh kuman dan bakteri.

Dengan demikian, karkas ayam akan membusuk dengan cepat karena bakteri dapat berkembang dengan sangat cepat pula. Hal ini kemudian membuat ayam menjadi tidak layak konsumsi dan mutunya menjadi menurun.

Untuk itu, pastikan untuk selalu memperhatikan kemasan karkas ayam sebelum membeli.

Cermati dengan teliti, jangan sampai memilih karkas ayam dengan kemasan yang sudah rusak dan sobek agar bisa mendapatkan karkas ayam dengan mutu dan kualitas terbaik.

Baca juga: 8 Tips Membedakan Karkas Daging Ayam Potong Segar

Hindari Karkas yang Berdarah

Seperti halnya kemasan, darah pada karkas juga merupakan salah satu indikator baik tidaknya kualitas karkas ayam. Darah merupakan media yang baik untuk perkembangan bakteri.

Hal ini memiliki arti bahwa darah yang terdapat pada karkas ayam akan memicu pertumbuhan bakteri dengan cepat. Dengan demikian, kualitas karkas tidak terjaga dan menjadi mudah membusuk.

Untuk memastikan bahwa tidak terdapat banyak darah pada karkas ayam frozen, Teman Chickin dapat memperhatikan apakah terdapat genangan air darah pada kemasan karkas.

Hindari membeli karkas ayam dengan ciri-ciri tersebut. Pilihlah karkas ayam frozen yang masih bersih dan tidak berdarah agar daging karkas tidak cepat membusuk.

Daging Masih Kenyal dan Tidak Lembek

Tips selanjutnya dalam membeli karkas ayam frozen adalah melakukan pengecekan kekenyalan daging karkas. Kekenyalan daging karkas dapat menjadi penentu apakah daging karkas frozen masih segar atau tidak.

Teman Chickin patut membeli karkas ayam frozen dengan daging yang masih kenyal dan elastis. Pengecekan kekenyalan daging dapat Teman Chickin lakukan dengan menekan daging karkas.

Apabila setelah ditekan bentuk daging kembali seperti semula dan tidak meninggalkan bekas tekanan, maka daging tersebut masih kenyal.

Daging karkas frozen yang masih kenyal mengindikasikan bahwa daging tersebut masih segar dan tidak melalui proses pembekuan yang terlalu lama.

Dengan demikian, akan lebih baik untuk membeli daging yang masih kenyal dan tidak lembek agar mendapatkan daging karkas frozen yang masih segar.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Kualitas Karkas Ayam

Daging Berwarna Putih Kemerahan

Warna daging karkas frozen yang masih segar dan sehat sepatutnya berwarna putih kemerahan.

Hindari membeli karkas ayam frozen yang warnanya sudah mulai pucat, menghitam, atau kebiruan. Hal ini menandakan bahwa daging karkas ayam sudah mulai membusuk.

Karkas Ayam Frozen Chickin Fresh
Karkas Ayam Frozen Chickin Fresh@Chickin

Daging karkas ayam frozen yang mulai membusuk tentu memiliki kualitas yang tidak baik dan tidak layak konsumsi. Oleh karena itu, Teman Chickin semestinya teliti dalam mencermati warna daging karkas ketika sedang membeli karkas ayam frozen.

Pastikan untuk membeli karkas ayam frozen dengan daging berwarna putih kemerahan untuk mendapatkan karkas frozen dengan kualitas terbaik.

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Hal berikutnya yang perlu Teman Chickin cermati ketika membeli karkas ayam frozen adalah tanggal kedaluwarsa karkas.

Sebagai indikator kelayakan serta daya tahan daging karkas, tanggal kedaluwarsa tidak boleh luput dari perhatian.

Hal ini sangatlah penting terlebih lagi ketika Teman Chickin sedang membeli karkas ayam frozen yang melalui proses penyimpanan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pastikan untuk selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang biasanya tertera pada kemasan karkas sebelum memilih dan membeli karkas ayam frozen.

Jangan sampai membeli karkas ayam frozen yang masa kedaluwarsanya sudah lewat karena sudah pasti dagingnya pun sudah tidak berkualitas tinggi.

Baca juga: Pengertian Rumah Potong Ayam

Setelah mengetahui rahasia membeli karkas ayam frozen yang berkualitas, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah proses penyimpanan karkas ayam frozen.

Tentu akan sia-sia apabila Teman Chickin sudah membeli karkas frozen berkualitas tinggi tetapi proses penyimpanannya tidak berjalan dengan baik.

Berikut ini beberapa tips menyimpan karkas ayam frozen agar tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga:

Simpan di Freezer

Apabila tidak ingin langsung mengolah daging karkas, simpanlah karkas frozen pada bagian freezer. Dengan menyimpan daging karkas ayam frozen di freezer maka daging karkas dapat bertahan hingga 6-12 bulan.

Berbeda halnya dengan menyimpan di kulkas bagian lain seperti pada bagian chiller (kotak di bawah freezer) yang akan membuat daging karkas dapat bertahan hanya hingga 1-2 hari saja.

Daging karkas ayam frozen akan lebih tahan lama apabila disimpan di freezer karena suhu pada freezer jauh lebih dingin daripada bagian kulkas lainnya.

Suhu yang sangat dingin berpengaruh terhadap semakin lambatnya pertumbuhan bakteri pada daging karkas. Oleh karena itulah daging karkas ayam lebih baik disimpan di bagian freezer agar daging tidak mudah membusuk.

Gunakan Kemasan Tertutup

Tips selanjutnya dalam menyimpan karkas ayam frozen adalah dengan menggunakan kemasan yang dapat menjaga karkas ayam frozen dengan aman.

Apabila kemasan asli daging karkas sudah tidak baik dan tidak layak pakai, ada baiknya untuk menggunakan kemasan sendiri agar kualitas karkas ayam tetap terjaga.

Bungkuslah karkas ayam frozen menggunakan plastik dengan erat, kemudian simpan pada suatu tempat atau kemasan yang tertutup.

Teman Chickin dapat menggunakan wadah, ziplock, dan jenis tempat lainnya asalkan pastikan bahwa tempat tersebut dapat menutup dengan rapat. Hal ini akan mencegah daging dari mengering dan mencegah kontaminasi silang daging dengan makanan lain.

Pisahkan Sesuai Porsi Masak

Untuk menyimpan karkas ayam frozen, ada baiknya Teman Chickin memotong dan memisahkan daging karkas berdasarkan porsi masak, kemudian menyimpannya dalam wadah yang berbeda pada freezer.

Teman Chickin dapat memotong ayam dengan jenis potongan karkas ayam apapun sesuai keinginan. Proses ini akan mempermudah proses pengolahan daging karkas ayam frozen.

Dengan demikian, Teman Chickin tidak perlu mengeluarkan seluruh bagian karkas ketika ingin mengolah daging untuk beberapa porsi saja. Hal ini juga berguna untuk menghindari adanya perubahan suhu yang signifikan pada daging karkas.

Sudah banyak sekali rahasia yang Chickin bagikan untuk Teman Chickin mengenai tips membeli dan menyimpan karkas ayam frozen.

Apabila Teman Chickin tidak mau repot-repot dan ingin membeli karkas ayam frozen yang sudah terjamin kualitasnya, tidak perlu khawatir! Chickin Indonesia menyediakan ayam karkas maupun ayam potong yang dijamin segar, sehat, dan aman melalui Chickin Fresh

Kami selalu berkomitmen untuk menyediakan ayam dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau serta jaminan halal pada Chickin Fresh.

Tidak hanya itu, kami juga bisa mengantarkan produk Chickin Fresh ke seluruh Indonesia, lho! Karena kualitasnya sudah terjamin dan proses pembeliannya yang tanp ribet, Teman Chickin dapat dengan mudah membeli ayam frozen tanpa rasa khawatir.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts