Kandungan Gizi Daging Ayam Potong dan Manfaatnya

daging ayam potong

Kandungan gizi daging ayam potong broiler memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Alasannya karena daging ayam broiler mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi di dalam tubuh.

Selain itu, daging ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi dengan lemak rendah dari pada daging merah. Kemudian harga daging ayam broiler relatif lebih murah. Oleh karena itu orang-orang lebih suka mengkonsumsi daging ayam.

Namun tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa mengkonsumsi daging ayam broiler tidak baik untuk kesehatan. Padahal kandungan gizi daging ayam broiler sangat banyak. Tidak hanya banyak, kandungan gizi daging ayam broiler juga kaya akan manfaat untuk tubuh.

Ketahui : Tips Membedakan Daging Ayam Potong Segar

Berikut minchick rangkum penjelasan kandungan gizi daging ayam potong broiler beserta manfaatnya yang harus kamu ketahui. Yuk simak sampai selesai ya!

1. Protein

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik bagi tubuh. Kandungan protein daging ayam sebesar 22,92%. Sedangkan kebutuhan protein pada manusia sekitar 56-66 gram per hari. Adapun pembagiannya yaitu 56-59 gram per hari untuk wanita, dan 62-66 gram per hari untuk laki-laki.

Manfaat kandungan protein daging ayam potong yaitu untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Hal ini karena otak menggunakan protein untuk bisa berfungsi. Jika teman minchick kekurangan protein, maka produksi hormon pengatur mood menjadi terganggu. Selain itu ketajaman berfikir juga akan berkurang.

Kemudian protein juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit. Protein juga berperan dalam mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh dan mengganti sel tubuh yang rusak.

2. Karbohidrat

Selain protein dan lemak, daging ayam potong juga mengandung karbohidrat. Inilah yang menyebabkan kamu dapat merasa kenyang walaupun hanya memakan dagingnya saja. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada daging ayam sekitar 1,2%.

Baca juga : Jenis Potongan Ayam Karkas

Fungsi dari karbohidrat sendiri yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh. Tanpa karbohidrat tubuh seseorang akan merasa lemas. Selain itu, kekurangan karbohidrat dalam tubuh dapat menyebabkan kecemasan. Oleh karena itu, pasokan karbohidrat sangat penting agar kondisi mental kamu tetap stabil.

3. Lemak

Kandungan gizi daging ayam broiler yang tidak kalah penting yaitu lemak. Daging ayam mengandung 2,5% lemak, lebih kecil dari pada kandungan lemak pada daging sapi. Sehingga cocok bagi kamu yang sedang diet mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Manfaat lemak dari daging ayam potong yaitu sebagai sumber energi cadangan selain karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi utama. Dalam 1 gram lemak pada tubuh manusia mengandung sekitar 9 kalori.

Kemudian lemak juga berfungsi dalam membantu penyerapan vitamin. Diantara vitamin yang dapat larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K. Tanpa adanya lemak maka penyerapan vitamin tersebut menjadi terhambat.

4. Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat pada daging ayam potong sekitar 13 mg. Namun angka kecukupan gizi (AKG) terhadap kalsium bergantung pada tingkat usia seseorang. Berikut AKG kalsium berdasarkan usia:

UmurKebutuhan (mg/hari)
0-6 bulan200
7-12 bulan260
1-3 tahun700
4-8 tahun1.000
9-18 tahun1.300
19-50 tahun1.000
50 tahun ke atas1.000

Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, mineral kalsium juga bermanfaat dalam mendukung kerja sistem saraf, kontraksi otot dan pembekuan darah saat terjadi luka.

Seorang anak yang kekurangan mineral kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan yang terhambat. Sedangkan penyakit kritis akibat dari kekurangan kalsium yaitu rakitis, osteoporosis dan osteomalacia.

5. Magnesium

Selanjutnya, kandungan gizi daging ayam potong yaitu magnesium. Sebanyak 60% mineral magnesium dalam tubuh terdapat dalam tulang. Sedangkan sisanya terdapat pada otot, jaringan lunak, dan cairan tubuh.

Baca juga : Manfaat Ceker Ayam

Adapun mineral magnesium ini memiliki banyak manfaatnya. Melansir artikel klikdokter.com magnesium memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

  • Mengurangi resiko diabetes tipe 2.
  • Membuat tulang menjadi lebih kuat.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah migrain.
  • Menurunkan tingkat stress.
  • Mengurangi peradangan.

Dengan begitu mineral magnesium menjadi sangat penting bagi tubuh. Walaupun tidak terlalu banyak yaitu sekitar 20 mg, kandungan magnesium dalam daging ayam potong setidaknya dapat berkontribusi untuk pertumbuhan.

6. Fosfor

Kandungan gizi daging ayam potong berikutnya adalah fosfor. Dalam daging ayam, fosfor yang terkandung sekitar 190 mg. Fosfor merupakan mineral esensial yang terdapat dalam tubuh manusia dengan fungsi utamanya menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu fosfor juga berperan dalam pembentukan protein, mencegah kelelahan otot, mengoptimalkan fungsi sel tubuh dan menyehatkan saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi daging ayam, maka kamu dapat menyuplai mineral fosfor sebanyak 190 mg untuk kebutuhan tubuh.

7. Kalium

Salah satu makanan yang mengandung kalium adalah daging. Kandungan kalium dalam daging ayam potong yaitu sekitar 189 mg. Kalium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di antara manfaat kalium untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  • Dapat menjaga kepadatan tulang.
  • Memelihara fungsi saraf.
  • Mencegah kram otot.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah.

8. Natrium

Kandungan gizi daging ayam dalam komponen natrium berjumlah sekitar 275 mg. Natrium atau dalam bahasa kimianya sodium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan natrium yang biasa kita temukan yaitu dalam bentuk garam dapur (NaCl).

Ketahui : Kelebihan Daging Ayam Broiler

Ketercukupan natrium dalam tubuh sangat diperlukan bagi kesehatan. Seseorang yang kekurangan natrium dapat mengalami gangguan otot, ginjal dan saraf. Namun sebaliknya terlalu berlebihan mengkonsumsi natrium juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan darah tinggi.

Adapun manfaat natrium bagi tubuh yaitu:

  • Menyeimbangkan cairan tubuh.
  • Menjaga suhu tubuh.
  • Sebagai antioksidan.
  • Menyeimbangkan ion.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Sebagai penyeimbang pH tubuh.

9. Vitamin

Kandungan gizi daging ayam pada komponen vitamin termasuk banyak. Daging ayam mengandung vitamin A, B1, B3, B6, B12 dan E. Semua kandungan vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut penjelasan manfaat kandungan vitamin daging ayam:

  • Vitamin A
    Bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kulit tetap sehat, mengatasi jerawat dan penyakit kulit lain. Selain itu vitamin A juga dapat menekan resiko komplikasi penyakit campak.
  • Vitamin B1
    Tiamin yaitu nama lain dari vitamin B1 yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, vitamin B1 dapat mencegah penyakit beri-beri dan menjaga kesehatan penderita penyakit jantung.
  • Vitamin B3
    Niacin atau vitamin B3 bermanfaat untuk tubuh yaitu berperan dalam menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. Selain itu, niacin juga terbukti menurunkan trigliserida.
  • Vitamin B6
    Manfaat vitamin B6 untuk tubuh yaitu mencegah penyakit kardiovaskular, memperkecil resiko kanker, membantu fungsi kognitif otak. Selain itu, vitamin B6 membantu mengurangi mual pada ibu hamil.
  • Vitamin B12
    Manfaat vitamin B12 yaitu untuk membantu pembentukan protein, sel darah dan jaringan. Selain itu, vitamin B12 juga berfungsi dalam mencegah anemia dan menjaga kesehatan tulang.
  • Vitamin E
    Manfaat vitamin E untuk kesehatan yaitu mengatasi penyakit hati dan meningkatkan sel darah merah. Selain untuk kesehatan, vitamin E juga bermanfaat untuk kecantikan. Vitamin E dapat mencegah penuaan, menghilangkan noda jerawat dan meratakan warna kulit.

Nah itulah penjelasan kandungan gizi daging ayam potong broiler beserta manfaatnya yang bisa minchick jelaskan. Setelah mengetahui kandungan gizi daging ayam yang banyak manfaatnya, jangan ragu untuk mengkonsumsi daging ayam ya.

Akan tetapi, kamu harus selalu memperhatikan agar mengkonsumsi daging ayam yang masih segar. Karena daging ayam segar kandungan gizinya masih utuh, sehingga dapat membuat tubuh kamu tetap sehat.

Berkaitan dengan daging ayam berkualitas, Chickin Indonesia hadir sebagai perusahaan pemasok daging ayam segar untuk seluruh wilayah Indonesia lho. Melalui chickin fresh, daging ayam dipotong langsung dari kandang yang berteknologi Micro Climate Controller. Oleh karena itu, daging ayam potong kami dijamin memiliki kualitas yang baik dan tentunya halal untuk konsumsi.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts