Heat Stress pada Ayam: Gejala, Penyebab, dan Penanganan

Heat stress pada ayam merupakan salah satu gejala dan kondisi pada ayam yang dibudidayakan pada daerah dengan iklim tropis.

Industri peternakan ayam di daerah tropis berhadapan langsung dengan suhu udara dan lingkungan yang tak tentu, sehingga berdampak kepada pertumbuhan dan produksi telur yang dihasilkan.

Ayam merupakan unggas yang tergolong ke dalam hewan homeothermic (berdarah panas) yang artinya tidak memiliki kelenjar keringat dan seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu.

Kondisi fisik dan biologis yang seperti ini menjadi penyebab hewan unggas kesulitan membuang suhu panas tubuhnya sehingga berakibat pada bahaya stress panas.

Pengertian Heat Stress pada Ayam

Heat stress adalah suatu gejala yang timbul karena ayam broiler tidak mampu menyesuaikan diri dengan suhu udara panas. Terjadi akibat suhu dan tingkat kelembaban dalam kandang melebihi batas normal.

Heat stress pada ayam dapat dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu kronis dan akut. Kronis terjadi apabila suhu dan kelembapan meningkat dalam kurun waktu yang relatif lama, sedangkan akut terjadi apabila suhu dan kelembapan meningkat drastis secara tiba-tiba.

Pada ayam yang berusia tua, heat stress menimbulkan efek yang lebih besar ketimbang ayam yang masih muda.

Hal ini terjadi karena ayam tua telah memiliki bulu yang sempurna sehingga mempersulit laju pembuangan panas tubuhnya. Selain itu, tubuh yang lebih besar mempengaruhi jumlah panas tubuh yang dihasilkan.

Penyebab Heat Stress pada Ayam

Penyebab utama heat stress pada ayam  adalah kondisi suhu kandang yang melebihi batas normal yaitu lebih besar dari 28 derajat celcius.

Perlu anda pahami bahwa suhu udara kandang ayam yang tepat dan nyaman adalah di kisaran suhu 25-28 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 60-70%. Selain itu ada beberapa faktor pemicu lainnya:

1.  Kandungan Nutrisi Pakan Ayam

Kandungan nutrisi pada pakan ayam yang tidak sesuai berdampak proses penguraian makanan dalam tubuh.

Kelebihan protein kasar pada pakan ayam akan menimbulkan panas tubuh yang lebih besar ketika diuraikan dan kemudian dibuang melalui feses.

2. Jumlah Ayam yang Berlebihan dalam Kandang

Semakin banyak jumlah ayam dalam suatu kandang maka akan semakin tinggi pula kompetensi perebutan oksigen dalam kandang tersebut. Selain itu, kelebihan jumlah akan menimbulkan kondisi desak-desakan sehingga suhu udara bertambah panas.

3.  Manajemen Kandang

Proses manajemen kandang yang kurang tepat akan jelas berdampak pada keadaan ayam ternak itu sendiri.

Kebanyakan kalangan ayam di Indonesia adalah sistem terbuka atau open house sehingga lingkungan sangat berperan penting dalam keberlangsungan hidup ayam-ayam tersebut.

Gejala Heat Stress pada Ayam

Pada dasarnya, ayam akan berusaha menurunkan suhu tubuhnya dalam kondisi kepanasan melalui pelepasan panas tubuh. Akan tetapi karena ayam tidak memiliki kelenjar keringat, maka akan timbul beberapa gejala sebagai berikut ini:

  1. Sayap ayam melebar, turun, dan menggantung.
  2. Ayam menempelkan tubuhnya ke tembok yang lebih dingin.
  3. Ayam bernapas melalui tenggorokan (panting) dan meningkatkan proses penguapan.

Risiko Heat Stress pada Ayam

Risiko atau dampak dari heat stress pada ayam adalah menurunnya konsumsi ransum dan meningkatnya konsumsi air minum.

Dampak dari penurunan konsumsi ransum ialah FCR meningkat, produksi telur menurun, berat badan ayam menurun sehingga tampak lebih kurus, dan sistem kekebalan tubuh  melemah.

Cara Mengobati Heat Stress pada Ayam

Apabila ayam terdampak heat stress, anda dapat memberikan air dingin berkualitas dengan suhu yang cukup dingin yaitu 20-24 derajat celcius.

Air dingin tersebut berfungsi untuk kestabilan suhu tubuh ayam saat udara lingkungan sedang panas. Ketika suhu udara meningkat, tingkat nafsu minum ayam juga akan meningkat.

Selain itu, ayam yang terdampak harus segera diisolasi dan dipisahkan dari ayam-ayam lainnya. Hal ini bertujuan untuk menurunkan tingkat stres pada ayam tersebut.

Cara Menangani Heat Stress pada Ayam

Untuk menangani heat stress pada ayam, anda harus memperhatikan proses pemberian pakan, pengelolaan kandang, dan memonitoring kondisi suhu kandang.

Pakan dengan nutrisi yang tepat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh ayam sehingga terhindar dari stress. Jangan sampai terlewat juga, hal yang paling utama yaitu manajemen kandang yang baik.

Apabila merasa kesulitan dalam manajemen kandang ayam karena faktor kesibukan lain, anda dapat menggunakan aplikasi Smart Farm dari Chickin Indonesia.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat berguna dalam membantu manajemen kandang ayam. Monitoring kesehatan dan suhu kandang pun juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Chickin Smart Farm!

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan.


Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts