8 Manfaat Mengonsumsi Ayam Broiler

Daging Ayam Broiler

Ayam broiler atau ayam pedaging merupakan jenis ayam yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Selain karena dagingnya yang besar dan empuk, harganya yang terjangkau juga menjadi alasan kepopuleran daging ayam broiler. Tidak hanya itu, daging ayam broiler juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, lho!

Sebagai salah satu sumber protein yang baik, daging ayam broiler terkenal berguna sebagai sumber energi bagi tubuh.

Namun, ternyata manfaat mengonsumsi ayam broiler tidak berhenti di situ saja. Nutrisi dan gizi yang terkandung pada daging ini juga menghasilkan banyak efek positif lainnya bagi tubuh apabila dikonsumsi dengan seimbang.

Berikut merupakan berbagai manfaat mengonsumsi ayam broiler:

1. Sumber Protein yang Tinggi

Daging ayam merupakan salah satu produk hewani dengan kandungan protein yang tinggi.

Informasi pada Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) menyebutkan bahwa pada setiap 100 gram ayam broiler terdapat kandungan protein sebanyak 37 gram.

Protein pada daging ayam broiler berperan penting terhadap kesehatan tubuh. Selain merupakan sumber energi yang baik, protein pada daging ayam broiler juga berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Tidak hanya itu, komponen ini juga merupakan penyusun hampir setiap bagian dari tubuh manusia seperti otot, tulang, jantung, dan sebagainya.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat mengonsumsi ayam broiler selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Seperti yang kita ketahui, daging ayam broiler merupakan sumber protein yang tinggi. Kandungan protein yang kita peroleh dari konsumsi daging ayam broiler dapat bermanfaat dalam memecah racun yang ada dalam tubuh.

Kandungan ini kemudian berperan dalam membentuk antibodi yang dapat melawan infeksi bakteri atau virus.

Oleh karena itu, maka konsumsi ayam broiler dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh kita menjadi tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Kualitas Karkas Ayam

3. Membentuk Massa Otot

Manfaat selanjutnya masih tidak luput dari peranan kandungan protein pada daging ayam broiler.

Nyatanya, kandungan ini bermanfaat dalam membentuk massa otot. Hal ini karena tubuh akan menyerap 90% kandungan protein pada daging ayam untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak.

Kemudian, mengonsumsi ayam broiler juga berguna dalam menjaga kekuatan otot. Protein pada daging ayam dapat membantu memperbaiki kerusakan sekecil apa pun pada otot, sehingga otot dapat tumbuh dengan lebih besar dan kuat.

Tidak lupa juga bahwa konsumsi daging ayam tetap perlu diimbangi dengan olahraga yang teratur agar pembentukan massa otot dapat berjalan maksimal.

4. Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang konsumsi daging ketika diet tidak baik? Faktanya, daging ayam rendah lemak dengan protein tinggi merupakan salah satu sumber protein yang populer di kalangan para pecinta diet.

Dada Ayam Broiler
Dada ayam broiler – @jcomp

Bagian daging ayam broiler yang kerap dikonsumsi ketika sedang menjalankan diet adalah dada ayam. Hal ini karena bagian dada ayam memiliki kandungan protein dan lemak yang mencapai 3 kali lebih tinggi daripada bagian ayam lainnya.

Kandungan protein dan lemak yang tinggi ini kemudian berperan pula dalam menekan rasa lapar dan nafsu makan, sehingga membuat konsumen daging ayam broiler dapat merasa kenyang lebih lama.

Agar proses diet dapat berjalan dengan maksimal, pastikan untuk memilih daging ayam berkualitas dan mengolahnya dengan benar.

Pilihlah daging ayam sehat yang rendah lemak dan terbebas dari bahan kimia berbahaya.

Kemudian, hindari menggoreng ayam karena dapat meningkatkan konsumsi lemak berlebih. Cara memasak dada ayam yang sehat untuk diet adalah dengan menumis, mengukus, memanggang, atau membakarnya.

Baca juga: Tips Membeli dan Menyimpan Karkas Ayam Frozen

5. Menghilangkan Stres

Manfaat mengonsumsi ayam broiler yang tak banyak masyarakat ketahui adalah dapat menghilangkan stres.

Hal ini karena pada daging ayam broiler terdapat kandungan vitamin B5, asam amino, serta tryptophan yang bermanfaat dalam memberikan rasa nyaman dan menenangkan pikiran.

Secara spesifik, pada setiap 100 gram daging ayam (tanpa kulit dan tulang) terdapat kandungan tryptophan sebesar 400 mg yang berguna sebagai antidepresan.

Dengan demikian, konsumsi daging ayam broiler dapat membantu dalam menghilangkan stres. 

Meskipun begitu, agar dapat bekerja sebagai antidepresan dengan efektif, pola konsumsi daging ayam sebagai sumber tryptophan perlu diimbangi dengan konsumsi karbohidrat kompleks seperti sayuran dan buah-buahan.

Tak lupa juga untuk memastikan proses pengolahan daging ayam dilakukan dengan benar agar tidak banyak kandungan vitamin B yang hilang.

6. Menyehatkan Jantung

Daging ayam broiler ternyata juga memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan jantung, lho! Informasi berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan di New York University Langone Medical Center menyatakan bahwa nutrisi dalam daging unggas dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner.

Selain itu, kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung juga berjumlah lebih sedikit pada daging ayam daripada daging merah.

Peneliti menunjukkan bahwa konsumsi daging ayam hanya berisiko sekitar 20% terhadap penyakit kardiovaskular, lebih kecil daripada risiko yang ditimbulkan oleh daging merah.

Kemudian, daging ayam broiler juga kaya akan vitamin B6 yang berperan penting dalam mencegah serangan jantung.

Pada setiap 100 gram daging ayam, terdapat kandungan 0,9 mg vitamin B6 atau sekitar 45% dari jumlah kebutuhan vitamin B6 harian orang dewasa. Oleh karena itu, daging ini terbukti bermanfaat terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Baca juga: 5 Jenis Potongan Ayam Karkas yang Harus Kamu Tahu

7. Menghindari Anemia

Selain baik untuk kesehatan jantung, mengonsumsi daging ayam broiler juga dapat mencegah penyakit anemia.

Daging ayam broiler terkenal sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan zat besi. Sebagai nutrisi yang penting untuk tubuh, zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah, penghantaran sinyal saraf, serta pengikatan oksigen pada sel darah merah.

Mengonsumsi 100 gram daging ayam dapat memenuhi sekitar 13% asupan zat besi harian tubuh manusia.

Dengan demikian, maka mengonsumsi ayam broiler dalam jumlah yang cukup dan seimbang serta memperhatikan proses pengolahan yang baik dan sehat dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia.

8. Menguatkan Tulang

Manfaat mengonsumsi ayam broiler selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekuatan tulang. Kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium yang tinggi pada ayam bermanfaat dalam melindungi tulang dari kerusakan.

Tak hanya itu, pada daging ayam broiler juga terdapat kandungan protein dan vitamin D yang turut serta berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang serta penyerapan kalsium.

Oleh karena itu, konsumsi daging ayam yang seimbang dapat berpengaruh positif terhadap kesehatan tulang.

Itu dia beberapa manfaat mengonsumsi ayam broiler. Tak disangka bahwa ternyata daging ayam yang kita konsumsi sehari-hari memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menyehatkan jantung sekalipun.

Tapi jangan salah, manfaat mengonsumsi ayam broiler tidak akan terasa secara efektif apabila Teman Chickin tidak dapat memilih daging ayam berkualitas serta proses pengolahan daging ayam masih belum dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, pastikan untuk mengolah daging ayam dengan baik agar kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya tidak hilang dari daging ayam.

Tak lupa juga pastikan untuk memilih daging ayam dengan kualitas terbaik yang sehat dan terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Chickin Indonesia menghadirkan Chickin Fresh yang menyediakan daging ayam potong dan ayam karkas berkualitas tinggi sebagai solusi untuk keperluan industri.

Melalui proses pemeliharaan ayam broiler yang terjamin aman dan sehat dengan memanfaatkan Smart Farm Technology, kami memastikan bahwa daging ayam yang kami hasilkan sudah memenuhi standar NKV serta memiliki jaminan halal dan 5 No (No Dolar, No memar, No bau, No bulu, dan No lendir).

Teman Chickin tidak perlu ragu untuk memesan daging ayam melalui Chickin Fresh karena kami dapat mengirimkan produk Chickin Fresh ke seluruh Indonesia dengan memastikan kualitas daging tetap terjaga.

Bersama Chickin, Wujudkan Sinergi Ketahanan Pangan Indonesia!
Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts