5 Manfaat Ceker Ayam untuk Tubuh

Ceker-Ayam
Ceker-Ayam

Banyak orang yang menganggap bahwa ceker adalah salah satu bagian dari ayam yang menjijikkan. Namun disisi lain, beberapa orang juga menganggap ceker dapat diolah menjadi hidangan yang lezat.

Selain dapat diolah menjadi hidangan yang lezat, ceker juga kaya kandungan seperti kolagen, vitamin, mineral, dan nutrisi, loh.

Selain itu, apa saja sih manfaat lainnya? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Menjaga Kesehatan Kulit

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 105 wanita selama 6 bulan, rutin mengkonsumsi kolagen secara signifikan dapat mengurangi selulit dan kerutan.

Sementara itu, studi lain juga menyebut bahwa menjaga asupan kolagen memberikan efek jangka pendek dan panjang yang menjanjikan untuk penyembuhan luka.

Selain itu, kolagen juga baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan kulit.

Mengurangi Nyeri Sendi

Menurut penelitian, kolagen mempunyai kemampuan merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala radang sendi (osteoarthritis).

Penelitian lain yang dilakukan pada 191 orang dengan osteoarthritis lutut menemukan bahwa mengkonsumsi kolagen dari tulang rawan ayam sesuai anjuran harian membantu mengurangi nyeri dan kekakuan secara signifikan.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Kepadatan mineral tulang menurun seiring bertambahnya usia, terutama setelah menopause. Menurut studi, kolagen mampu meringankan masalah ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 39 wanita menunjukkan, risiko hilangnya kepadatan mineral tulang bisa dikurangi dengan mengkonsumsi suplemen kolagen.

Meningkatkan Sistem Imun

Mengkonsumsi ceker dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan mineral seperti zinc, magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang ada di dalam ceker ayam.

Menjaga Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk kesehatan saraf, jantung, dan pencernaan.

Kandungan mineral yang ada di dalam ceker ayam mampu menjaga proses sirkulasi darah agar tetap sehat. Kandungan mineral yang ada di dalam ceker antara lain adalah kalsium, magnesium, kalium, serta fosfor.

Nah, itu dia lima manfaat ceker ayam bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat ini dapat kamu rasakan jika mengkonsumsi ceker dalam jumlah yang tepat.

Sebab, jika dikonsumsi terlalu berlebihan juga akan memicu kolesterol, akibat kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts