Manfaat Daging Ayam Broiler untuk Kesehatan Tubuh

daging ayam broiiler

Daging ayam broiler lebih diminati oleh masyarakat karena harga daging broiler relatif lebih murah. Namun tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa mengkonsumsi daging ayam broiler tidak baik untuk kesehatan.

Faktanya kandungan gizi daging ayam broiler sangatlah banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh. Dari segi kandungan nutrisi protein dan kalori, ayam broiler dan ayam kampung memang tidak jauh berbeda.

Perbedaan ayam broiler dan ayam kampung hanya terletak pada kandungan lemak, tekstur daging dan warna daging saja.

Selebihnya ayam broiler dan ayam kampung sama-sama sebagai sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu bagian tubuh ayam broiler manakah yang baik untuk kesehatan?

Pada dasarnya karkas ayam potong baik untuk kesehatan tubuh. Namun kandungan gizi daging ayam tidak tersebar merata di setiap bagian tubuh ayam. Sehingga terdapat bagian tubuh ayam yang mengandung paling banyak nutrisi. Yuk simak dengan seksama!

Manfaat dari Bagian-Bagian Daging Ayam Broiler yang Baik untuk Kesehatan

1. Dada Ayam

Daging ayam broiler bagian dada ayam merupakan sumber protein utama. Sehingga tak salah jika dada ayam banyak peminatnya karena bagian inilah yang paling sehat. Menariknya bagian dada ayam ini tidak mengandung karbohidrat, gula maupun serat.

Selain itu, kandungan lemak dan kalori pada bagian dada ayam juga lebih rendah daripada bagian yang lain. Nutrisi lainnya yang terdapat pada dada ayam yaitu vitamin A, vitamin B, folat dan fosfor. Oleh karena itu, seseorang yang sedang program diet maupun membentuk otot lebih menyukainya.

Berikut ini kandungan gizi dada ayam dalam 100 gram:

  • Kalori : 195 kkal
  • Karbohidrat : 0 g
  • Lemak : 7,72 g
  • Protein : 29,55 g
  • Kolesterol : 83 mg
  • Sodium : 393 mg
  • Kalium : 243 mg

2. Paha Ayam

Daging ayam broiler yang juga banyak peminatnya yaitu bagian paha ayam. Bahkan saking populernya paha ayam sering menjadi icon bagi penjual daging ayam goreng.

Bagaimana dengan kandungan gizi paha ayam?

Walaupun kandungan protein paha ayam tidak sebanyak dada ayam, tapi protein paha tetap lebih banyak dari bagian tubuh lainnya. Namun memang kandungan lemaknya lebih tinggi juga tetapi tidak lebih tinggi dari lemak daging sapi.

Ketahui : Kelebihan Daging Ayam Broiler

Sehingga tidak salah apabila kamu mengkonsumsi ayam broiler bagian paha karena kandungan gizinya masih baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini kandungan gizi paha ayam dalam 100 gram:

  • Kalori : 245 kkal
  • Karbohidrat : 0 g
  • Lemak : 15,36 g
  • Protein : 24,85 g
  • Kolesterol : 92 mg
  • Sodium : 406 mg
  • Kalium : 220 mg

3. Sayap Ayam

Banyak orang berasumsi bahwa daging ayam broiler bagian sayap ayam berbahaya untuk kesehatan karena penyuntikan vaksin mengendap pada sayap ayam. Faktanya belum ada penelitian lanjut yang memverifikasi mengenai hal ini.

Justru sebaliknya, sayap ayam mengandung protein tertinggi kedua setelah dada ayam. Namun memang kandungan lemak sayap ayam menjadi yang tertinggi. Sehingga perlu cara alternatif dalam mengolah sayap ayam supaya kandungan lemak yang tinggi tidak menjadi masalah.

Berikut ini kandungan gizi sayap ayam dalam 100 gram:

  • Kalori : 288 kkal
  • Karbohidrat : 0 g
  • Lemak : 19,30 g
  • Protein : 26,64 g
  • Kolesterol : 23 mg
  • Sodium : 404 mg
  • Kalium : 183 mg

Manfaat Daging Ayam Broiler

1. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Hampir setiap bagian ayam broiler mengandung protein, sedangkan tubuh manusia memerlukan protein 56-66 gram per hari. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi daging ayam broiler maka kebutuhan protein tubuh menjadi tercukupi. Disisi lain, protein sebagai zat pembangun bermanfaat dalam proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

2. Menyehatkan Tulang

Daging ayam broiler salah satunya mengandung kalium. Manfaat kalium untuk kesehatan tubuh salah satunya berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Hal ini karena kalium dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang. Sehingga tulang tidak rentan terkena penyakit osteoporosis dan tidak mudah patah.

3. Pembentuk Massa Otot

Manfaat daging ayam broiler berikutnya yaitu dalam pembentukan massa otot. Bagi kamu yang sedang proses membentuk otot, tentu asupan protein yang tinggi sangat diperlukan.

Salah satu sumber protein yang baik bisa kamu dapatkan melalui daging ayam. Dengan begitu pembentukan massa otot kamu menjadi lebih mudah terbentuk. Tentunya tidak hanya mengandalkan konsumsi daging ayam saja, melainkan dibarengi dengan latihan.

4. Penghilang Stress

Gizi yang terdapat pada daging ayam broiler yaitu magnesium. Manfaat magnesium untuk kesehatan salah satunya dapat menurunkan tingkat stress seseorang. Ini karena magnesium memiliki kaitan dengan fungsi otak dan mood. Sehingga dapat mengatasi depresi.

Terverifikasi dalam penelitian terhadap 8.800 orang bahwa yang kekurangan magnesium memiliki resiko depresi hingga 22%. Sebaliknya seseorang yang mengkonsumsi 450 mg magnesium per hari membuat moodnya lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut American Heart Association (AHA) daging merah seperti daging sapi, babi dan domba memiliki kandungan lemak jenuh lebih tinggi daripada ayam. Padahal lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu, daging ayam yang memiliki protein tinggi dengan lemak jenuh lebih rendah lebih baik dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Menurunkan Berat Badan

Daging ayam broiler yang memiliki tingkat kalori rendah dengan protein tinggi cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang program diet. Berdasarkan penelitian dari National Library of Medicine, protein membuat perut cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Ketahui : Tips Membedakan Daging Ayam Segar

Manfaat daging ayam broiler untuk kesehatan tersebut tentu bisa kamu dapatkan apabila kamu mengkonsumsi daging ayam yang segar. Serta melalui proses pengolahan yang tepat agar kandungan gizinya tetap terjaga.

Pengolahan Daging Ayam Broiler yang Baik

Panggang

Mengolah daging ayam broiler dengan cara memanggang merupakan cara yang paling tepat. Hal ini karena proses pemanggangan daging ayam tidak menyebabkan peningkatan kalori dan lemak.

Selain itu, mengolah daging ayam dengan memanggang tidak akan membuat kandungan nutrisi pada ayam larut. Namun kamu perlu memperhatikan pula agar daging ayam panggang tidak menimbulkan resiko kanker akibat memanggang dalam arang secara langsung.

Solusinya dengan menggunakan oven atau jika memang harus dengan arang usahakan alasi daging ayam menggunakan daun pisang.

Rebus

Salah satu cara mengolah daging ayam yang baik untuk kesehatan yaitu dengan merebus. Cara ini bisa kamu lakukan dalam mengolah daging ayam untuk membuat sup.

Sama halnya dengan proses pengolahan daging panggang, daging rebus juga tidak menyebabkan peningkatan kalori dan lemak sehingga baik untuk kesehatan.

Pepes

Pengolahan daging ayam pepes juga merupakan olahan daging yang sehat. Selain ikan, ayam juga bisa lho diolah dengan cara dipepes. Selain sehat, olahan daging ayam pepes juga membuat tekstur daging menjadi lembut.

Agar kamu mendapatkan manfaat daging ayam yang telah disebutkan, jangan lupa untuk tetap perhatikan kesegaran daging yang kamu beli.

Demi menjaga kualitas karkas daging ayam tetap segar, Chickin Indonesia menawarkan salah satu produk unggulannya yaitu Chickin Fresh. Keunggulan Chickin Fresh kami yaitu ayam potong langsung diambil dari kandang yang menggunakan sistem Smart Farm Technology.

Sehingga ayam potong kami dijamin memiliki kualitas yang baik dan bersertifikasi halal konsumsi. Selain itu, Chickin Fresh menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat dan terjamin keamanannya.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts