Jeruk Nipis dan Probiotik, Solusi Alternatif AGP untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler

Ditulis oleh Naning Oktabitha Ananda Harsono Putri, S.KH

Saat ini penggunaan AGP dalam usaha peternakan dilarang untuk digunakan. WHO juga menghimbau seluruh pihak berwenang di dunia untuk mulai menghentikan penggunaan AGP. Hal ini dikarenakan penggunaan AGP dapat menimbulkan residu antibiotik dalam produk peternakan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia, serta timbulnya resistensi beberapa jenis mikroorganisme patogen terhadap antibiotik. Didukung dengan dikeluarkannya Permentan No. 14 Tahun 2017 yaitu larangan penggunaan AGP. Dengan dikeluarkannya permentan tersebut menjadi tantangan bagi peternak untuk menemukan alternatif pengganti AGP agar produktivitas dan performa ayam broiler tetap meningkat.

Pemanfaatan Buah Jeruk Nipis

Salah satu inovasi yang dapat dilakukan peternak adalah dengan pemanfaatan tanaman sekitar, seperti buah jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu jenis citrus (jeruk) yang asal usulnya dari India dan Asia Tenggara. Tanaman genus Citrus salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang merupakan suatu substansi alami yang telah dikenal memiliki efek sebagai antibakteri. Selain itu air perasan jeruk nipis juga mengandung acidifier (asam organik) yang dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh ayam broiler.

Acidifier pada pada jeruk nipis bermanfaat dalam preservasi dan memproteksi pakan dari perusakan oleh mikroba dan fungi yang memberikan kontribusi terhadap proses pencernaan sehingga pemanfaatan protein menjadi lebih baik. Penambahan air perasan jeruk nipis kedalam air minum ayam hingga pH 5 efektif meningkatkan pertambahan bobot badan dan efisiensi penggunaan pakan sebesar 5,5 % dan 3,3% serta menurunkan mortalitas pada periode starter. Selain itu acidifier secara umum dapat menggantikan peranan antibiotik, meningkatkan produksi telur, kualitas telur, menyeimbangkan kondisi mikroflora saluran pencernaan, meningkatkan absorbsi sari-sari makanan dalam usus halus dan meningkatkan keuntungan dalam peternakan.

Baca Juga : Apa Manfaat Air Gula untuk Ayam Broiler?

Jeruk Nipis dan Probiotik Untuk Hasil yang Maksimal

Untuk memaksimalkan pemanfaatan air perasan jeruk nipis dalam air minum ayam dapat dilakukan dengan mengkombinasikan air perasan jeruk nipis dengan probiotik. Penggunaan probiotik banyak digunakan dikalangan peternak hal tersebut karena probiotik mempunyai berbagai fungsi, antara lain dapat meningkatkan pertumbuhan dan efisiensi pakan, memperbaiki kualitas telur, meningkatkan produksi telur, mencegah radang usus, dan diare. 

Penambahan probiotik ke dalam air minum juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem mikroflora dalam saluran pencernaan dan menyediakan enzim yang mampu mencerna serat kasar, protein, lemak dan mendetoksifikasi zat racun atau metabolitnya.

Dengan menggabungkan kedua pendekatan ini, yaitu pemanfaatan air perasan jeruk nipis dan probiotik, diharapkan dapat memberikan solusi alternatif yang efektif dalam meningkatkan performa ayam broiler tanpa ketergantungan pada AGP. Pendekatan ini juga mendukung praktik peternakan yang lebih berkelanjutan, mengurangi penggunaan bahan kimia sintetis dalam pemeliharaan hewan ternak serta memberikan jaminan produk yang lebih sehat bagi konsumen.

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts