10 Fakta Daging Ayam Broiler

Fakta Daging Ayam Broiler

Sudah bukan rahasia lagi bahwa daging ayam broiler sangat bagus untuk kesehatan kita. Kali ini, Chickin akan membahas beberapa fakta daging ayam broiler yang harus kamu tahu. Yuk kita simak!

1. Memiliki Kandungan Protein Yang Tinggi

Dapat kita lihat dalam tabel tersebut bahwa kandungan gizi ayam memiliki rata-rata yang cukup tinggi bila kita bandingkan dengan daging lainnya. 

Fakta pertama daging ayam broiler yang perlu kita ulas adalah kandungan proteinnya. Biasanya, daging kita konsumsi untuk mendapatkan kandungan protein hewaninya. 

Kandungan protein ini baik untuk membangun otot yang ada pada tubuh kita supaya menjadi lebih kuat. Jadi, kandungan protein yang terkandung pada daging ayam akan tubuh olah menjadi asam amino yang membentuk sel dan jaringan tubuh termasuk otot.

Nah, daging ayam sendiri memiliki kandungan protein sekitar 18,2 gram per 100 gram lho! Asupan protein yang dianjurkan per harinya adalah minimal 1 gram, sehingga daging ayam broiler cukup memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Anti Depresan Yang Alami

Fakta menarik daging ayam potong lainnya adalah berguna sebagai anti depresan yang alami. Ayam adalah sumber asam amino yang baik yaitu triptofan. Triptofan ini akan memberikan mood positif bagi tubuh kita seperti rasa lega dan nyaman.

Bagaimana caranya bekerja? Ketika kamu memakan daging ayam, asam amino triptofan akan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Nah, jika kadar serotonin bertambah maka kamu akan merasakan suasana hati yang baik. Daging ayam broiler baik untuk menenangkan hati kita.

Selain triptofan, daging ayam broiler juga mengandung magnesium. Kandungan magnesium ini mampu menenangkan gejala sindrom PMS atau pra menstruasi. Dengan begitu, magnesium mampu melawan perubahan suasana hati yang fluktuatif pada wanita semasa menstruasi.

3. Mencegah Pengeroposan Tulang

Salah satu fakta menarik dari daging ayam broiler adalah mampu mencegah pengeroposan tulang. Seiring bertambahnya usia, tulang bisa menjadi mudah keropos. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi gizi seperti protein dan kalsium yang cukup.

Kamu bisa memperoleh kandungan gizi tersebut melalui dada ayam. Hal ini akan mencegah terjadinya osteoporosis dan juga menopause bagi wanita. Selain itu, kamu juga perlu rutin berolahraga agar tulang, otot, dan sendi tetap kuat.

4. Menjaga Tekanan Darah

Selanjutnya, fakta daging ayam broiler adalah mengandung niacin (vitamin B3). Kandungan niacin ini mampu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita. Apalagi, orang yang mengalami hipertensi dapat terbantu dengan memakan daging ayam broiler.

Di samping niacin, daging ayam broiler juga mengandung zat besi. Zat besi berguna untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi daging ayam, kamu bisa menjaga tekanan darah dan peredaran darahmu dengan baik.

5. Sumber Mineral dan Vitamin

Fakta unik lainnya adalah daging ayam broiler mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita. Terutama untuk ibu hamil, kandungan zat besi sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan dan produksi dari sel darah merah.

Jadi, asupan oksigen bagi kita, ibu hamil dan janinnya akan tercukupi dengan baik. Tak heran bila banyak dokter atau ahli gizi yang menyarankan konsumsi daging ayam bagi ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi risiko kanker adalah fakta daging ayam broiler lainnya yang harus kamu tahu. Rupanya, kandungan vitamin B, niacin, dan selenium yang terkandung pada daging ayam broiler mampu mencegah serangan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah zat yang memicu tumbuhnya sel kanker. Nah, dengan kandungan yang sudah chickin sebutkan tadi, daging ayam broiler bisa mengurangi risiko kanker. Kandungannya mampu menghindari kerusakan sel DNA dalam tubuh kita lho!

7. Mengurangi Kolesterol dan Lemak Jenuh

Kandungan niacin adalah salah satu zat yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan lemak jenuh. Kandungan tersebut mengubah karbohidrat menjadi energi. 

Jika karbohidrat dapat niacin ubah menjadi energi, artinya tidak ada karbohidrat yang menumpuk di dalam tubuh kita. Bila karbohidrat menumpuk, tingkat kolesterol jahat dalam tubuh akan meningkat. 

Nah, memakan daging ayam yang cukup akan mengurangi kolesterol dan juga lemak jenuh. Hal tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Mengapa? Karena kolesterol dan lemak jenuh sangat tidak baik untuk jantung kita.

Cara terbaik mengolahnya adalah dengan merebus daging ayam. Alangkah lebih baiknya jika kamu bisa berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi mengenai konsumsi daging ayam agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

8. Meningkatkan Sistem Kerja Metabolisme

Fakta menarik daging ayam broiler lainnya adalah mampu meningkatkan sistem kerja metabolisme tubuh kita. Piridoksin (vitamin B6) membantu meningkatkan proses metabolisme karbohidrat dan protein. 

Piridoksin juga mampu menstimulasi imun atau sistem kekebalan tubuh kita. Jika kita memiliki sistem daya tahan tubuh yang cukup kuat, maka kita tak akan mudah terserang penyakit.

Selenium adalah mineral yang mampu membantu sistem kerja metabolisme tubuh. Zat ini juga terkandung dalam daging ayam broiler. Tak heran bila daging ayam mampu membantu metabolisme tubuh kita dengan mendukung kerja kelenjar tiroid.

Banyak yang beranggapan bahwa daging ayam broiler berbahaya karena mengancam kesehatan tubuh dengan berbagai hoax yang beredar. Nah, justru sebaliknya teman Chickin! Daging ayam sangat dianjurkan untuk kita konsumsi lho!

9. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

Fakta unik lainnya adalah daging ayam broiler mampu menjaga kesehatan jaringan tubuh kita lho! Kandungan riboflavin atau vitamin B2 ini mampu membantu tubuh kita untuk memperbaiki jaringan tubuh.

Jaringan tubuh yang terganggu dapat berupa bibir pecah-pecah maupun kulit kering. Nah, selain riboflavin, daging ayam broiler juga mengandung vitamin C serta antioksidan. Bukan rahasia lagi, apabila vitamin C baik untuk kesehatan kulit kita.

10. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak sehingga kemampuan berpikir, berbicara, dan daya ingat menurun. Daging ayam broiler memiliki fakta menarik yaitu mampu mencegah terjadinya alzheimer.

Daging ayam broiler yang kita konsumsi mengandung vitamin B yang mampu meningkatkan fungsi otak dengan baik. Tak heran, bila lansia sangat dianjurkan ahli gizi untuk mengkonsumsi daging ayam yang cukup.

Kalau kamu mau tahu bagaimana cara memilih ayam broiler yang baik untuk kita konsumsi silahkan kunjungi artikel ini.

Kira-Kira Kamu Tahu Nggak Ya?

Demi menjaga kualitas karkas daging ayam potong tetap terjaga, Chickin Indonesia menawarkan salah satu produk unggulannya yaitu Chickin Fresh. Sudah sesuai standar NKV, kami menyediakan dua jenis yaitu ayam karkas dan ayam frozen untuk memenuhi kebutuhanmu.

Keunggulan Chickin Fresh kami yaitu ayam potong langsung diambil dari kandang yang menggunakan sistem Smart Farm Technology. Standar daging ayam yang kami peroleh sangat tinggi sehingga daging ayam yang kami sediakan sudah terjamin kualitasnya.

Ayam potong kami dijamin memiliki sertifikasi halal konsumsi. Selain itu, Chickin Fresh menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat dan terjamin keamanannya.

Bersama Chickin, Wujudkan Sinergi Ketahanan Pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts