5 Jenis Potongan Ayam Karkas

Potongan Dada Ayam

Halo Teman Chickin! Kali ini, kita akan membahas jenis potongan ayam karkas. Sebenarnya, jenis potongan ini bisa tergantung dari jenisnya ataupun potongan ayam karkas itu sendiri. Sebagai gambaran, kamu bisa lihat versi singkatnya di laman Chickin Fresh!

Sebelum kita mulai yuk kenalan dulu dengan Ayam Karkas. Seperti yang sudah kita baca di artikel “Apa itu Ayam Karkas?” Ayam Karkas adalah daging ayam utuh yang sudah bersih dari jeroan dan bulu-bulunya. Ceker dan kepala ayam pun ikut terpotong sehingga ayam karkas pure bagian badan ayamnya saja.

Di pasar, kita dapat dengan mudahnya menemukan ayam karkas. Banyak masyarakat membeli ayam karkas untuk makanan sehari-hari. Di Indonesia, masyarakat mengenal ayam karkas dengan istilah ayam potong. Istilah tersebut merujuk pada ayam yang sudah mati tersembelih alias sudah siap untuk kita olah.

Menurut KBBI, karkas adalah daging dari hewan yang mana kaki dan kepalanya sudah terpisahkan atau terpotong.

Sekalipun begitu, istilah karkas ini tidak hanya untuk ayam, tetapi juga untuk sapi maupun kambing yang sering kita temukan di pasar. Karkas ini sangat praktis untuk kita jadikan bahan makanan karena dapat kita awetkan di kulkas dengan ukuran yang memadai.

Kembali lagi ke pembahasan utama, tentu saja bentuk ayam karkas akan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ada yang membeli dalam bentuk utuh, potong dua, empat, dan lain-lainnya. Para pedagang ayam di pasar biasanya memotong ayam karkas dalam jumlah genap.

Jenis Potongan Ayam Karkas

Ayam Utuh (Whole Chicken)

Masyarakat jarang mengkonsumsi ayam berbentuk utuh. Mengapa? Karena mayoritas masyarakat menyajikannya untuk hidangan pesta. Pastinya pesta tidak setiap hari ada bukan?. Whole Chicken merupakan bentuk asli ayam karkas. Pemotong belum membagi-bagi lagi ayam karkas setelah bagian kepala dan cekernya terpotong.

Potong Dua atau Setengah (Halves)

Potong Dua
©ACMF

Pemotong membagi ayam menjadi dua bagian yang sama besarnya. Lazimnya, acara besar seperti acara pernikahan, khitanan, ulang tahun hingga acara arisan membutuhkan potongan dua. Secara khusus dalam Bahasa Inggris, potongan ini terkenal sebagai potongan halves. Singkatnya, pemotong akan membelahnya secara vertikal. Hasilnya terbelah menjadi dua bagian yaitu bagian kanan dan kiri.

Potong Empat atau Seperempat (Quarter)

Terbagi menjadi empat bagian sama besar adalah pengertian dari potong empat. Hampir sama seperti potongan setengah, namun bedanya terletak pada ukurannya. Ukuran potong seperempat biasanya untuk porsi yang lebih kecil. Di dalam Bahasa Inggris, potongan ini bernama potongan quarters.

Pertama, pedagang akan memotong bagian ayam seperti potong dua secara vertikal. Kedua, setiap bagian dibagi lagi menjadi dua secara horizontal. Hasilnya daging ayam akan terbagi menjadi empat bagian.

Potong Delapan (8 Cut Portions)

Untuk yang satu ini, pemotong akan membagi ayam menjadi delapan bagian. Tipe potongan ini ukurannya lebih kecil dari seperempat. Masyarakat memilih potongan inisebagai bahan makanan menu nasi box atau suguhan tamu.  Masih banyak pedagang ayam yang sedikit kesulitan membagi ayam menjadi delapan bagian. Maka, kebanyakan pedagang perlu berlatih agar potongannya sama besar. Bila potongannya tidak benar, konsumen akan menganggapnya tidak profesional.

Potongan Genap Lainnya

Pedagang ayam akan membagi ayam menjadi beberapa potongan genap lainnya. Biasanya berupa kelipatan dua seperti potongan enam, sepuluh, hingga dua belas. Rata-rata ukurannya relevan lebih kecil. Gunanya agar dapat kita simpan dalam waktu lama. Tak lupa supaya bisa kita olah pada beberapa hari yang akan datang. Karena jumlah potongannya semakin banyak, tentunya porsi daging ayam akan semakin kecil dan sedikit. Bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

Nah, itu dia bentuk dari potongan ayam karkas berdasarkan potongannya. Selanjutnya, Chickin mau membahas sedikit bagian potongan ayam karkas yang biasa kita temukan di pasaran. Let’s check it out!

Potongan Ayam Lainnya di Pasara

Boneless

Tentunya, istilah yang satu ini sangat umum kita temukan bukan? Ya, Boneless adalah istilah untuk daging ayam tanpa tulang. Daging ayam boneless artinya pure hanya daging saja (atau bisa juga dengan kulitnya). Kita jarang menemukan tulang di dalamnya. Mengapa? Karena tulang yang ada di dalamnya tentunya sudah terbuang. Versi potongan ini juga terkenal dengan sebutan ayam fillet.

Skinless

Apabila boneless artinya tanpa tulang, maka skinless artinya tanpa kulit. Mayoritas, jenis potongan ini adalah daging ayam yang sudah bersih dari kulitnya. Skinless merupakan salah satu jenis yang sering orang diet incar untuk kebutuhan proteinnya. Tanpa kulit artinya daging ayam tidak memiliki banyak lapisan lemak yang membantu perjalanan diet mereka.

Paha Utuh

Dalam dunia per-ayam-an, ‘Paha” adalah potongan atau bagian ayam yang sangat populer. Paha ayam dikenal karena dagingnya yang lembut dan sangat juicy. Tak lupa, rasa gurih yang terkandung di dalamnya pun terasa lebih kuat dibanding yang lainnya. Istilah yang digunakan untuk potongan ayam bagian paha atas dan bawah yang menyatu adalah paha utuh. Perpaduan keduanya membuat ukuran paha utuh ini besar dan akan terasa kenyang bila menyantapnya. Varian ini sangat laku di pasaran.

Paha Atas

Pada paha ayam terdapat bagian yang dagingnya lebih banyak yaitu paha atas. Selain mengandung daging yang lebih banyak, ukuran dagingnya pun tebal dan lebih besar. Jenis potongan paha atas ini dipercaya mengenyangkan oleh kebanyakan orang.

Paha Bawah

Drumstick adalah istilah lain dari paha bawah. Belahan paha bawah ini sangatlah populer karena bentuknya yang sangat ikonik serta cita rasanya yang lebih gurih dan lembut. Tidak lupa, potongan paha bawah juga memiliki kulit yang lebih tipis nan renyah untuk dikonsumsi. Berbicara mengenai ukuran, paha bawah tentunya lebih kecil daripada paha atas. Meskipun begitu, cita rasa yang dimilikinya sangatlah juara. Engga heran bila saat ini banyak masyarakat yang mengolah drumstick menjadi berbagai macam masakan.

Sayap Utuh

Sayap utuh? Memangnya ada sayap tidak utuh? Eits bukan begitu maksudnya teman Chickin. Jadi, sayap utuh ini adalah potongan sayap yang diambil dari ayam karkas potongan penuh. Jika demikian maka bentuk sayapnya sangat utuh. Bentuk potongan sayap utuh seringkali diincar di pasaran untuk lauk pauk maupun nasi box. Penyebab banyak peminatnya adalah ukurannya dan cita rasanya yang dianggap fair atau cukup. Ohiya, sayap utuh juga dikenal dengan istilah Chicken Wing.

Tertarik Untuk Membeli Ayam Potong dengan Potongan Tertentu?

Kita sudah membahas beberapa jenis dari potongan ayam. Kebutuhan setiap orang akan menyesuaikan dengan potongan ayam yang dipilih.

Ada yang membutuhkannya untuk dikonsumsi, untuk diet, atau untuk dijadikan bahan dasar franchise. Kalau kamu membutuhkan daging ayam dalam jumlah besar atau untuk bisnis retail, yuk langsung kunjungi laman kami di Chickin Fresh!

Saat ini, Chickin bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan daging ayam-mu setiap harinya. Daging ayam Chickin sudah terbukti berkualitas dengan harga terjangkau.

Kami dapatkan daging ayam dari Rumah Potong Ayam  yang sudah sesuai Standar Terbaik. Standar daging ayam yang baik menurut Chickin adalah:

  • Tidak Terdapat Memar (No Memar)
  • Tak Berlendir (No Lendir)
  • Berbau Khas Tidak Busuk (No Bau)
  • Tanpa Bulu (No Bulu)
  • Rusaknya Tulang yang Merusak Tekstur Sayap Maupun Daging Ayam(No Dolar)

Keamanan, kehalalan, dan kualitas tentunya sudah terjamin.

Misalnya tidak sesuai dengan perjanjian, kami akan melakukan retur. Bahkan untuk potongan bisa kamu sesuaikan sendiri dengan keinginan kamu. Yuk kunjungi kami di Chickin Fresh!

Chickin hadir membantu peternakan ayam dengan memanfaatkan teknologi sistem IoT dalam sistem perkandangan Micro Climate Controller.

Kami juga menyediakan Ayam Karkas berkualitas untuk kebutuhan Industri dengan harga terjangkau.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia! Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan  

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts