Cara Mengolah Daging Karkas Frozen yang Baik dan Benar

Mengolah Daging Karkas Frozen

Untuk kita masak sehari-hari, daging ayam karkas memang pilihan yang terbaik. Selain praktis, harganya pun lebih terjangkau.

Tak heran bila banyak ibu rumah tangga yang tertarik membeli ayam karkas untuk mereka olah sebagai hidangan sehari-hari. Kali ini, Chickin akan membahas sedikit cara mengolah daging karkas frozen yang baik dan benar. 

Sebelum kita mulai ke pembahasannya, alangkah lebih baik untuk mengenal lebih jauh apa itu karkas frozen.

Ayam karkas merujuk pada bentuk daging ayam yang utuh tanpa jeroan, ceker, dan kakinya. Untuk mengetahui ciri-ciri ayam karkas yang sehat dan berkualitas sebelum membelinya, kamu bisa membaca artikel ini

Istilah karkas frozen sendiri artinya daging ayam karkas yang disimpan beku. Meskipun ayam tersimpan beku atau frozen, nutrisi yang terkandung tidak berkurang sama sekali. Cita rasa dan kelezatannya pun sama seperti daging ayam karkas segar.

Tak heran bila karkas frozen ini seringkali kita temukan di berbagai tempat penjualan ayam, salah satunya Chickin Fresh. Sekarang mari kita simak cara mengolah karkas frozen berikut ini!

Diamkan Terlebih Dahulu di Suhu Ruang

Sebelum kamu mulai memotong, cara mengolah daging karkas frozen adalah mendiamkannya terlebih dahulu di suhu ruang. Tujuannya agar es yang menyelimuti daging ayam karkas mencair dan ayam bisa dengan mudah kita potong nantinya. Namun, jangan kita biarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan kebusukan pada ayam. 

Jika ingin mencairkan es dengan cara rendam daging pada air, gunakanlah air dingin jangan air biasa. Mengapa tidak boleh air biasa

Karena perubahan suhu yang terlalu ekstrim dapat merusak kesegaran ayam. Masukkan ayam pada wadah kedap udara lalu taruh dalam air dingin. Dengan demikian, ayam karkas akan terjaga kesegarannya.

Alternatif lain menurut FAO (Food and Agriculture Organization) kamu bisa meletakkannya pada bagian bawah freezer atau nama lainnya adalah chiller. Setelah tersimpan dengan rapi, diamkanlah semalaman agar es tersebut mencair dan siap kita olah. Intinya, biarkan daging ayam tidak mengeras karena es dan esnya mencair.

Memotong Daging Ayam Karkas

Cara mengolah ayam karkas selanjutnya adalah memotong daging. Bila kamu ingin memotong ayam menjadi 16 potongan, kamu bisa kunjungi artikel cara memotong ayam karkas 16 bagian.

Setelah es yang menyelimuti daging ayam mencair, kamu bisa memulai pemotongan. Pastikan semua daging yang sudah mencair kamu masak agar tidak ada bakteri yang menempel pada daging ayam.

Gunakanlah pisau daging yang tajam (cleaver meat knife) , agar tidak ada serat daging yang rusak karena cara memotongnya yang salah.

Kamu bisa mulai memotongnya dari bagian bawah daging dengan membuang bagian brutu atau pantat ayam. Kemudian, lanjutkan pemotongan pada bagian atas ayam.

Melakukan Marinasi Pada Daging Ayam Karkas

Cara mengolah ayam karkas setelah memotong adalah marinasi. Menurut Jessica Gavin, seorang Ilmuwan Makanan dan Ahli Kuliner dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa marinasi dapat membantu mengurangi kandungan senyawa karsinogenik dari suhu tinggi pemanggangan.

Selain itu, baik rasa maupun tekstur kelembutan daging ayam akan sangat terbantu dengan marinasi.

Namun, apa itu marinasi? Marinasi adalah merendam daging ayam dengan cairan bumbu yang menambah cita rasa pada daging. Bumbu marinasi sendiri terdiri dari dua macam yaitu bumbu kering dan bumbu basah yang kita campurkan untuk memberikan cita rasa pada daging ayam karkas yang sudah kamu potong tadi.

Bumbu yang dapat kamu pakai untuk marinasi ayam adalah butter, cuka, lemon, jeruk nipis, minyak zaitun, minyak canola, dan bumbu lainnya.

Waktu perendaman daging ayam ini membutuhkan minimal 30 menit dan maksimal 6 jam. Semakin lama, maka semakin meresap rempah ke dalam daging ayam. 

Memasak Daging Ayam Karkas

Setelah mengolah daging ayam dengan melakukan proses marinasi, masaklah daging ayam sesuai bumbunya. Daging ayam broiler tidak perlu kamu masak dalam waktu yang lama. Jika overcook, daging ayam akan menjadi lembek dan tidak terlalu firm seperti hidangan daging ayam pada umumnya.

Nutrisi dan kondisi daging ayam karkas frozen tidak akan berubah selama kamu simpan dengan baik dan benar.

Selain cara penyimpanan yang benar, kamu juga harus mengolahnya dengan cara yang benar. Sekarang, kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengolah karkas frozen dengan benar.

Selain penyimpanan dan pengolahannya, kamu juga harus membeli dari tempat yang terpercaya dan berkualitas. Chickin Fresh menyediakan ayam karkas dan frozen yang berkualitas serta terjamin halal dan keamanannya. Ayam yang tersedia berasal dari dari kandang dengan sistem Smart Farm Technology.

Kamu bisa mengunjungi laman tokopedia dan shopee Chickin Fresh. Selain itu, apabila kamu mencari supplier daging ayam karkas dan frozen di Jakarta, langsung saja kunjungi laman Chickin Fresh dan menghubungi kontak yang tertera. Chickin Fresh menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia. Fast delivery and safe.

Bersama Chickin, Wujudkan Sinergi Ketahanan Pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts