Berapa Suhu dan Kelembaban Normal Pada Kandang Ayam?

Penyakit Gumboro Ayam
Sumber: unplash.com

Suhu dan kelembaban yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ayam. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan stres, penyakit, bahkan kematian. Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak, sedangkan kelembaban yang terlalu rendah dapat menyebabkan ayam menjadi dehidrasi.

Oleh karena itu, penting bagi peternak ayam untuk mengetahui suhu dan kelembaban normal pada kandang ayam. Suhu dan kelembaban normal pada kandang ayam tergantung pada umur ayam, jenis ayam, dan lokasi kandang ayam.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang suhu dan kelembaban normal pada kandang ayam. Kita juga akan membahas tentang pentingnya menjaga suhu dan kelembaban kandang ayam agar ayam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pentingnya Suhu dan Kelembaban yang Tepat untuk Ayam

Ayam broiler sangat sensitif terhadap suhu dan kelembaban lingkungan. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ayam mengalami stres dan mengurangi konsumsi ransum. Di Indonesia, suhu lingkungan di dataran rendah dapat mencapai 33-34 derajat Celcius di musim kemarau. Kenaikan suhu dari 21 derajat Celcius menjadi 32 derajat Celcius dapat menyebabkan konsumsi ransum ayam berkurang hingga 20%.

Di dataran tinggi, suhu yang rendah dapat menyebabkan ayam mengalami hipotermia dan meningkatkan risiko kematian. Selain suhu, kelembaban kandang juga penting untuk diperhatikan. Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ayam mengalami hipertermia dan sulit bernapas. Kelembaban yang terlalu rendah dapat menyebabkan ayam mengalami dehidrasi.Idealnya, kelembaban kandang ayam broiler harus dijaga antara 30-50% untuk ayam umur 0-7 hari dan 40-60% untuk ayam umur lebih dari 8 hari.

Baca Juga : Suhu yang Tepat pada Peternakan Ayam

Suhu dan Kelembaban Normal untuk Ayam

Ayam broiler adalah jenis ayam pedaging yang memiliki pertumbuhan yang cepat. Ayam broiler sangat sensitif terhadap suhu dan kelembaban lingkungan. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ayam broiler mengalami stres dan mengurangi konsumsi ransum. Berikut suhu ideal pada kandang ayam

  • Umur 1 – 7 hari, suhu ideal kandang 35 derajat Celcius
  • Umur 8 – 15 hari, suhu ideal kandang 32,2 derajat Celcius
  • Umur 16 – 23 hari, suhu ideal kandang 29,44 derajat Celcius
  • Umur 24 – 30 hari, suhu ideal kandang 26,6 derajat Celcius

Kemudian Idealnya, kelembaban kandang harus dijaga antara 30-50% pada ayam umur 0-7 hari and 40-60% pada ayam umur lebih dari 8 hari.

Baca Juga : Selain Suhu Brooding: Ini 7 Hal WAJIB Agar Masa Brooding Optimal

Monitoring Suhu dan Kelembaban Kandang Dengan CI-Touch dan Chickin Apps

Untuk memantau tingkat kelembaban kandang, Anda tidak perlu bolak-balik ke kandang. Anda cukup menggunakan CI-Touch dan aplikasi Chickin Apps.

Sensor kelembaban yang berada di dalam kandang akan mengirimkan data ke CI-Touch. Data tersebut kemudian dapat dikoneksikan dengan akun Chickin Apps di smartphone Anda. Dengan demikian, Anda dapat memantau tingkat kelembaban kandang di mana saja dan kapan saja. Informasi lebih lengkap mengenai CI-Touch, Anda dapat melihat DI SINI Kemudian untuk dapat mengakses aplikasi Chickin Apps dapat langsung mengunduhnya DI SINI

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts