Suhu yang Tepat pada Peternakan Ayam

Suhu untuk Kandang Ayam

Mewujudkan ayam ternak yang sehat berarti memenuhi dengan baik kebutuhan ternak dari mulai kualitas pakan dan air minum, keadaan lingkungan yang mendukung, vaksin, dan seterusnya.

Keadaan lingkungan kandang yang mendukung salah satunya mencakup suhu yang sesuai.

Meski sistem pengaturan suhu tubuh ayam bersifat homeotermik (relatif stabil), ayam perlu setidaknya berumur dua minggu untuk dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Untuk itu, peran peternak amat penting dalam menyediakan kandang dengan suhu yang sesuai dengan kebutuhan ayam, terutama di periode starter.

Rentang suhu dan kelembapan yang sesuai bagi ayam ternak berbeda-beda tergantung kepada jenis dan umurnya. Selengkapnya terangkum dalam tabel berikut.

Suhu dan kelembapan merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Kadar air yang terikat di udara (kelembapan) akan mempengaruhi suhu yang dirasakan ayam, sehingga hal ini juga menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan peternak.

Pengaruh Suhu terhadap Produktivitas

Jika suhu dan kelembaban kandang tidak nyaman bagi ayam, maka respon/reaksi yang muncul bisa beragam. Jika suhu terlalu dingin, otak ayam merespon dengan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas tubuh.

Efek ini tentunya lebih terlihat pada anak ayam (DOC) fase brooding karena sistem pengaturan suhu tubuhnya yang belum berkembang secara optimal.

Tingkah laku yang muncul bisa berupa ayam berdiam diri, meringkuk, atau berkerumun di bawah brooder, dengan kondisi kaki yang basah. Suhu yang terlalu dingin juga bisa memicu radang paru-paru pada ayam, yang juga berakibat nafsu makan yang menurun.

Jika suhu terlalu panas, ayam akan terlihat painting (membuka mulut) sebagai usaha tubuh mengeluarkan panas yang berlebih

Sebelumnya ayam juga akan tampak melakukan perluasan area permukaan tubuh (melebarkan/menggantungkan sayap) dan melakukan peripheral vasodilatation, yaitu meningkatkan aliran darah perifer terutama di jengger, pial, dan kaki.

Efek lanjutan pada kondisi suhu yang terlalu panas ialah konsumsi pakan yang menurun dari biasanya sedangkan konsumsi air minum meningkat tajam.

Akhirnya, terjadi mencret (kotoran berair) dan terhambatnya bobot badan akibat asupan nutrisi tidak terpenuhi dan metabolisme tubuh terganggu. Bila painting tidak mampu menurunkan suhu tubuh, maka ayam bisa mengalami kematian mendadak.

Suhu dan kelembapan baru sepasang dari sekian banyak yang perlu diperhatikan oleh para peternak dalam menjaga produktivitas ayam ternak.

Ada baiknya, diberlakukan teknologi yang dapat mengatur suhu dan kelembapan kandang secara fleksibel sehingga kebutuhan pertumbuhan ayam dapat terpenuhi.

Kira-kira kamu tahu nggak ya?

Demi menjaga kualitas karkas daging ayam potong tetap terjaga, Chickin Indonesia menawarkan salah satu produk unggulannya yaitu Chickin Fresh. Keunggulan Chickin Fresh kami yaitu ayam potong langsung diambil dari kandang yang menggunakan sistem Smart Farm Technology.

Sehingga ayam potong kami dijamin memiliki kualitas yang baik dan bersertifikasi halal konsumsi. Selain itu Chickin Fresh menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat dan terjamin keamanannya.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts