Candidiasis pada Ayam: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sejak tahun 1970 an, Ayam broiler telah mulai diternakan di Indonesia dari hasil persilangan berbagai jenis ayam unggulan.

Masyarakat Indonesia suka dengan jenis ayam pedaging karena memiliki daging yang banyak dan berlimpah.

Dalam beternak ayam broiler, masalah kesehatan menjadi kendala yang paling sering dikeluhkan oleh para peternak. Salah satu penyakit yang menyerang adalah candidiasis.

Penyakit ini dapat ditemukan pada jenis-jenis unggas, seperti kalkun, merpati, dan angsa. Tetapi pada artikel kali ini kita akan membahas candidiasis pada ayam mulai dari penyebab hingga cara menanganinya.

Pengertian Candidiasis pada Ayam

Candidiasis adalah suatu penyakit pada ayam yang disebabkan oleh salah satu jamur dari spesies candida albicans dan bersifat akut.

Gangguan kesehatan pada ayam akibat jamur satu ini bersifat oportunistik sehingga sangat ditentukan oleh tingkat kekebalan tubuh ayam, lingkungan sekitar, dan kualitas makanan.

Penyebab Candidiasis pada Ayam

Penyebab candidiasis pada ayam adalah jamur yang berasal dari spesies candida albicans yang merupakan jamur flora normal yang berada pada alat pencernaan, saluran pernafasan dan vagina.

Berbagai variasi dapat hidup dan tumbuh di suhu yang berbeda-beda, akan tetapi untuk variasi pH 4,5 sampai 6,5 dapat tumbuh dalam suhu 28 – 37 derajat celcius dengan membuat suatu koloni ragi dengan sifat yang khas.

Sifat khas tersebut seperti permukaan koloni yang halus, licin, memiliki bau seperti ragi, dan berwarna putih agak kekuning-kuningan.

Candida telah ada dan dipelajari sejak abad ke-18. Dapat hidup dalam tubuh ayam tanpa menimbulkan kelainan fisik yang menonjol.

Gejala dan Ciri-Ciri Candidiasis pada Ayam

Secara klinis, gejala dan ciri-ciri ayam yang terserang candidiasis tidak begitu terlihat secara spesifik seperti yang telah disinggung di sebelumnya. Namun secara umum, pertumbuhan ayam terhambat, diare, dan bulu-bulu pada berdiri.

Jika dilakukan pemeriksaan mendalam, ciri-ciri yang dapat nampak adalah terdapat luka serius pada saluran pencernaan bagian atas yaitu mulut dan tembolok.

Tembolok adalah tempat dimana ayam menyimpan pakan sementara seperti air dan pakan. Jika sudah kronis, akan timbul benjolan berwarna putih berbentuk sirkuler pada tembolok ayam.

Cara Mengobati Candidiasis pada Ayam

Untuk pengobatan ayam yang terserang candidiasis adalah dengan menggunakan copper sulfat sesuai takaran 1:2000 (1 bagian cooper sulfat dalam 2000 liter air).

Untuk mendapatkan copper sulfat tersebut dapat mengunjungi toko hewan terdekat atau melalui toko online seperti shopee dan tokopedia. Cari saja dengan kata kunci “copper sulfat untuk ayam”, maka akan muncul produk-produknya.

Selain itu, pengobatan juga dapat digunakan dengan obat kumur gentian violet. Cukup campuri 220 mg/kg pakan ayam.

Sama dengan cooper sulfat, gentian violet dapat dibeli secara langsung di toko hewan atau melalui toko online.

Cara Mencegah Candidiasis pada Ayam

Pencegahan yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit satu ini adalah dengan meningkatkan sanitasi terhadap ayam.

Proses sanitasi harus dilakukan secara rutin dan tepat. Kebersihan kandang akan memberikan dampak positif bagi ayam.

Jika banyak kotoran pada kandang ayam, maka akan menjadi faktor pemicu dari berbagai penyakit kedepannya.

Pengelolaan kandang ayam yang baik juga tak luput dari salah satu cara untuk mencegah penyakit candidiasis ini.

Kandang yang selalu dipantau dan dikelola secara maksimal akan memberikan timbal balik yang lebih kepada para peternak. Ayam sehat, maka pendapatan peternak dari hasil dagingnya pun meningkat.

Apabila merasa kesulitan dalam proses pengelolaan kandang karena faktor eksternal, seperti waktu yang sedikit dan jangkauan kandang yang cukup jauh.

Peternak dapat menggunakan satu aplikasi khusus pengelolaan kandang ayam yang bernama Chickin Smart Farm. Beragam fitur ditawarkan sesuai dengan kebutuhan para peternak.

Setelah kurang lebih 1 tahun aplikasi ini diluncurkan, lebih dari 100 peternak merasa kemudahan dalam pengelolaan kandang dan mendapatkan pemasukan yang lebih maksimal.

Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan.


Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts