3 Cara Memotong Daging Ayam untuk Olahan Ayam Goreng

Cara Memotong Karkas Ayam
Cara Memotong Karkas Ayam

Banyak masyarakat menjadikan karkas atau daging ayam sebagai bahan dasar olahan jenis masakan baik itu: ayam goreng; ayam bakar; hingga gulai ayam.

Banyak masyarakat menggemari ayam goreng sebagai salah satu jenis olahan ayam karena rasanya yang gurih hingga sensasi bunyi kriuk saat memakannya.

Tingginya peminat ayam goreng membuat bisnis makanan dengan bahan dasar utama ayam goreng turut subur.

Baca juga: 7 Daya Tarik Industri dan Peternakan Ayam Broiler

Memotong Daging Ayam
Olahan Ayam Goreng © Masa Depan

Meskipun sering menjadi bahan dasar utama dalam membuat olahan ayam goreng, namun tidak semua orang mengetahui cara untuk memotong daging ayam secara baik.

Terdapat beberapa teknik potongan yang tepat dengan cara memotong daging ayam menjadi 8 bagian. Berikut merupakan beberapa 3 cara agar potongan karkas menjadi sempurna:

Baca juga: 5 Jenis Potongan Ayam Karkas yang Harus Kamu Tahu

Pilih Jenis Ayam Broiler

Ayam jenis broiler atau ras pedaging sangat cocok menjadi bahan dasar olahan ayam goreng karena memiliki kulit lemak yang tebal serta proses memasak yang cenderung mudah.

Ayam jenis buras atau ras kampung tidak cocok karena memiliki tekstur daging yang keras.

Pastikan Ayam Kering

Sebelum mengelola pastikan terlebih dahulu daging atau karkas ayam kering atau tidak basah.

Daging atau karkas ayam yang basah menyebabkan pisau potong lebih mudah tergelincir karena permukaannya licin. Pastikan juga pisau untuk memotong daging ayam tajam. 

Disarankan untuk menyediakan dua buah talenan, satu untuk memotong, dan satu lagi untuk bagian ayam yang sudah terpotong. Hal ini untuk menghindari kontaminasi silang antar daging.

Memotong Daging Ayam

Memotong karkas menjadi delapan bagian dengan teknik bone-in memiliki beberapa keuntungan antara lain daging menjadi lebih manis, karena menghasilkan flavor lebih melimpah daripada teknik potongan lainnya.

Sebelum memotong, pastikan bahwa posisi ayam sudah dalam keadaan terlentang dengan dada menghadap ke atas dengan posisi kaki menghadap ke arah pemotong.

Memotong Daging Ayam
Potongan Daging Ayam © Article ID

Bagian Sayap

Dalam memotong karkas ayam utuh, hal pertama potong kedua sayap. Sebelum memotong sayap dari badan, pastikan untuk menemukan letak persendian antara sayap dan dada.

Setelah menemukan persendian, mulailah untuk memotong dengan menggunakan pisau yang tajam. Lakukan hal yang sama terhadap bagian sayap lainnya.

Bagian Kaki

Langkah kedua adalah memotong bagian kaki dengan mengiris sedikit daging paha, lalu tarik bagian kaki secara perlahan agar menjauh dari badan, kemudian potong paha dengan mengikuti ruas dan garis tubuh ayam.

Sebelum membelah paha ayam menjadi dua bagian, sebaiknya mengetahui posisi garis lemak atau merasakan sendi dengan meraba melalui jempol atau pisau. Posisi lemak dan sendi menentukan letak potongan.

Untuk memudahkan proses memotong, goyangkan sambungan sesuai kebutuhan agar mudah dipotong, lalu potong garis lemak untuk memisahkan paha dan stik drum. 

Cabut Tulang Punggung

Tulang punggung biasa digunakan sebagai kaldu karena rasanya yang gurih. Untuk mencabut tulang punggung dapat memulainya dari bagian kepala, lalu memotong tulang rusuk di satu sisi tulang punggung.

Setelah tulang terpotong, bungkus dengan plastik dan bekukan. Dilansir dari laman Escoffier, dalam membuat kaldu ayam biasanya perlu sekitar 3 atau 4 ayam.

Bagian Dada

Belah daging dada menjadi dua bagian sama besar. Potong tepat dibagian persendian dengan posisi kulit dada menghadap bawah.

Jika dada sudah terpotong menjadi dua bagian, potong lagi setiap bagian dada menjadi dua bagian secara menyilang.

Sedikit tips, untuk melindungi tangan saat memotong bisa menggunakan handuk atau kain lap dapur dengan meletakkannya di atas pisau. 

Setelah proses memotong ayam menjadi 8 bagian selesai, selanjutnya potongan ayam siap untuk diolah menjadi ayam goreng yang garing dengan menggunakan berbagai olahan bumbu agar cita rasanya menjadi semakin kaya.

Tahukah Kamu?

Chickin Indonesia melalui produk Chickin Fresh menyediakan daging ayam baik karkas utuh ataupun ayam porting yang bisa direquest dengan berbagai jumlah potongan sesuai dengan kebutuhan. Produk kami sudah memenuhi standar NKV, halal, dengan jaminan 5 NO (No dolar, No bau, No bulu, No lendir, dan No Memar) untuk setiap produknya.

Produk ayam diambil langsung dari kandang dengan sistem Smart Farm Technology membuat kualitas daging memiliki mutu terbaik. Chickin Fresh juga menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat dan terjamin keamanannya. 

Gabung bersama kami untuk menjadi mitra bisnis partner retail ayam, serta nikmati beberapa keuntungan.

Selain itu, bagi kalian yang ingin mencoba langsung produk daging ayam kami, Chickin Fresh juga tersedia di ecommerce seperti tokopedia dan shopee. Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan di Indonesia!

Chickin Indonesia – PT Sinergi Ketahanan Pangan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts