Ketahui Penyakit Cacar Ayam pada Ayam dan Begini Cara Mengatasinya

Penyakit Cacar Ayam

Ada banyak sekali jenis penyakit ayam dan hampir semuanya berpotensi mengganggu produktivitas dan pertumbuhan ayam ternak. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para peternak ayam adalah masalah penyakit cacar ayam atau bisa disebut dengan Fowlpox virus.

Di artikel, kali ini, Chickin Indonesia akan membahas beberapa hal penting seputar penyakit cacar ayam. Termasuk menjawab pertanyaan seperti apa penyebab cacar ayam? Bagaimana cara mengobati cacar ayam? Hingga apakah penyakit cacar ayam bisa menular?

Seolah tak ingin membuat penasaran, berikut ini berbagai ulasan lengkap tentang penyakit cacar ayam yang harus diwaspadai.

Pengertian Cacar Ayam

Cacar ayam adalah penyakit cacar yang disebabkan oleh virus dari famili Poxviridae dengan genus Avipoxvirus. Berbeda dengan cacar pada manusia, cacar ayam bersifat zoonosis alias tidak bisa menginfeksi manusia. 

Virus pox bisa menyerang lebih dari 60 jenis burung liar dari 20 famili, sedangkan empat strain utama virus ini dikenal menyerang kalkun, ayam, merpati, dan burung kenari.

Penyebab & Cara Penularan Cacar Ayam

Cacar ayam disebabkan oleh virus dari famili Poxviridae dan genus Avipoxvirus yang mana kasusnya dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Virus penyebab cacar ayam mudah menyebar melalui kerusakan kulit lepuh-lepuh karena di dalamnya terdapat virus pox. 

Virus ini pada akhirnya akan menempel pada bulu, kerak luka, perlengkapan pakan dan tenggeran di dalam kandang. Dimana virus berbahaya ini terbawa bersama debu yang terbang di sekitar kandang.

Penularan cacar ayam juga bisa terjadi secara langsung melalui kontak dengan ayam yang sudah terkena. Penyebab lain yang bisa membantu penularan adalah serangga, seperti nyamuk Aedes dan Culex yang menularkan virus ini melalui gigitan. Lalat dan kutu juga bisa berperan sebagai penyebar virus ini.

Gejala & Ciri-Ciri Cacar Ayam pada Ayam

Cacar ayam terbagi menjadi dua kondisi, yaitu cacar kering dan cacar basah. Dalam kasus cacar ayam kering, ayam yang terserang akan tampak lemah dan kurus karena nafsu makannya yang menurun secara drastis. 

Kutil juga bisa muncul di paruh yang membuat ayam kesulitan untuk makan. Ayam juga akan tampak tersengal-sengal nafasnya karena pertumbuhan kutil di pangkal paruh.

Sedangkan cacar ayam tipe basah lebih berbahaya, yang ditandai dengan munculnya bercak putih pada selaput lendir di mulut, tenggorokan, dan paru-paru ayam. Ini memicu terjadinya gangguan pernafasan pada ayam, yang pada gilirannya akan mempersulit ayam untuk makan.

Risiko Cacar Ayam pada Ayam

Ayam ternak yang terkena cacar ayam akan beresiko terhambat pertumbuhannya. Produktivitas ayam juga akan menurun. Umumnya, cacar yang hanya menyerang kulit sehingga tidak akan menimbulkan kematian. Namun, apabila cacar sudah menyerang saluran pernafasan, kematian bisa saja terjadi.

Cara Mengobati Cacar Ayam pada Ayam

Hingga saat ini, penyakit cacar ayam belum bisa diobati, tapi gejalanya bisa diringankan dengan penggunaan berbagai jenis obat dan antibiotik. Multivitamin juga bisa diberikan untuk mempercepat proses penyembuhan alami ayam.

Cara Mencegah Cacar Ayam pada Ayam

Untuk kasus cacar ayam, langkah pencegahan lebih penting. Penerapan biosekuriti yang baik adalah salah satu langkah terbaik, yaitu mencegah patogen masuk ke kandang ayam. 

Caranya adalah dengan pembatasan akses masuk ke kandang secara sembarangan (tanpa disinfektan), pengisolasian terhadap ayam yang diduga sudah terserang cacar ayam, dan melakukan sanitasi kandang secara rutin.

Vaksinasi ayam juga bisa menjadi solusi pencegahan cacar ayam yang masih efektif, seperti pemberian vaksin pox pada ayam yang masih sehat pada umur 4 minggu. Diharapkan, semua upaya ini bisa menekan kasus cacar ayam yang bisa merugikan para peternak.

Itulah pengertian penting tentang penyebab, gejala, dan cara mengatasi cacar ayam pada ayam ternak yang sering dialami oleh peternak tanah air. Jika salah satu ayam ternak mengalami gejala serupa seperti di atas, segeralah untuk mengobatinya. 

Baca juga jenis penyakit ayam lainnya dalam artikel 7 Penyakit Ayam Broiler dan Cara Mengatasinya.

Chickin Smart Farm App untuk Kelola Kandang

Jangan lupa untuk segera mengunduh Chickin Smart Farm App agar dapat ter-update tentang bagaimana cara mengelola kandang dan mengetahui berbagai jenis penyakit ayam.  

Chickin Smart Farm Ap sendiri merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan peternak dalam proses pengelolaan kandang secara real-time dengan basis teknologi terkini yang produktif, efisien, optimal, dan juga maksimal.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia.
Chickin – PT Sinergi Ketahanan Pangan.


Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts