Fakta Penting Tentang Air Minum Untuk Ayam Broiler

Air minum adalah unsur vital bagi kehidupan ayam broiler. Tanpa akses yang memadai ke air, ayam tidak hanya akan kesulitan bertahan hidup, tetapi juga akan mengalami gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi produktivitas mereka secara keseluruhan. Berikut adalah sejumlah fakta krusial tentang pentingnya air minum bagi ayam broiler.

Baca Juga :Apa Manfaat Air Gula untuk Ayam Broiler?

Tanpa Air Ayam Tidak Bisa Bertahan

Air adalah komponen kunci dalam kehidupan ayam. Mereka tidak hanya menggunakan air untuk minum, tetapi juga untuk menjaga suhu tubuh, mencerna makanan, membantu transportasi nutrisi ke seluruh tubuh, menunjang proses metabolisme dalam tubuh, serta menjaga fungsi organ tubuh yang penting. Kekurangan akses terhadap air yang cukup dapat menyebabkan dehidrasi dan berpotensi mengancam nyawa ayam.

Ayam Broiler Cenderung Lebih Banyak Minum Daripada Makan

Perbandingan antara konsumsi air dan makanan pada ayam broiler tidaklah seimbang. Secara umum, ayam broiler cenderung mengonsumsi lebih banyak air daripada makanan.

Broiler berbobot 2.3 kg membutuhkan 8.2 air selama hidupnya. Oleh karena itu, ketersediaan air bersih yang cukup sangatlah penting bagi pertumbuhan dan kesehatan mereka. Namun perlu diperhatikan juga bahwa sistem ventilasi dan kualitas sekam harus diperhatikan untuk mengantisipasi ekskresi air dari broiler. 

Baca Juga : Tips Meningkatkan Produktivitas pada Ayam Broiler

Water Intake Berpengaruh Dengan Food Intake

Jumlah air yang diminum oleh ayam broiler berhubungan erat dengan jumlah pakan yang mereka konsumsi. Sebuah studi dari Mississippi State University menyebutkan bahwa semakin tinggi water intake maka semakin tinggi pula feed intake

Kondisi cuaca dan suhu lingkungan juga dapat memengaruhi seberapa banyak air yang diminum oleh ayam, yang kemudian berdampak pada konsumsi pakan mereka.

source  : Mississippi State University

Semakin Panas Lingkungan Semakin Haus Ayam

Pada kondisi cuaca yang panas, ayam cenderung lebih haus dan membutuhkan akses air yang lebih banyak. Pengelolaan suhu lingkungan yang baik, termasuk penyediaan air yang cukup, menjadi kunci dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan ayam broiler. Pastikan temperatur air minum berkisar 15°-21°C agar ayam dapat minum dengan nyaman.

Selain itu penting juga untuk mengontrol suhu kandang agar tetap stabil, Anda dapat menggunakan teknologi climate change dari CI Touch. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat dengan mudah mengontrol suhu kandang secara otomatis. 

CI-Touch merupakan sebuah hardware yang dilengkapi dengan sensor suhu dan kelembaban yang dapat mengukur kondisi kandang secara akurat. AI dari CI-Touch akan melakukan penyesuaian pengaturan suhu kandang secara otomatis berdasarkan data yang diperoleh dari sensor. Untuk informasi lebih lengkapnya, cek DI SINI

Penambahan Antibiotik Pada Air Dapat Mempengaruhi Rasa Air

Ketika antibiotik ditambahkan ke dalam air minum ayam, hal ini dapat memengaruhi rasa air dan pada gilirannya memengaruhi konsumsi air oleh ayam. Pemilihan antibiotik dan dosis yang tepat sangat penting untuk memastikan kesehatan ayam tetap terjaga.  Usahakan juga untuk mengindari rasa pahit pada antibiotik karena dapat mengurangi water intake.

Kualitas Air Minum Tidak Hanya Berpengaruh Pada Ayam

Kualitas air minum tidak hanya memengaruhi kesehatan ayam, tetapi juga berpengaruh pada performa produksi dan kualitas produk akhir. Air yang bersih dan bebas kontaminan akan mendukung pertumbuhan yang optimal serta kesehatan ayam secara keseluruhan.

Kriteria Air Minum Berkualitas

Air minum yang berkualitas bagi ayam broiler harus memiliki beberapa kriteria berikut:

  • Tidak berwarna dan tidak ada endapan
  • Tidak berasa dan tidak berbau
  • Memiliki pH 6.5-8.5
  • Kandungan klorida <500 ppm
  • Kandungan nitrat <200 ppm
  • Tingkat kesadahan (Ca+2 dan Mg+2)<110ppm
  • Jumlah bakteri total (MPN)<100 per 100 ml air

Sistem penyediaan air yang bersih dan teratur perlu dijaga untuk memastikan akses yang terus menerus kepada air bersih yang sangat penting bagi ayam.

Memahami pentingnya air minum bagi ayam broiler adalah kunci dalam menjaga kesehatan dan produktivitas mereka. Dengan menyediakan air yang cukup, bersih, dan berkualitas, kita dapat memastikan ayam memiliki kondisi lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal mereka.

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Referensi:

Mississippi State University. Water-Related Factors in Broiler Production. Diakses pada 05 Januari 2024. https://extension.msstate.edu/sites/default/files/publications/publications/p2742.pdf 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts