Cara Memotong Ayam Karkas 16 Bagian

Cara Memotong Ayam Karkas

Ayam karkas jarang sekali kita konsumsi dalam bentuk utuh. Pada umumnya, kita akan memotongnya terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dan kemudian kita olah menjadi bahan dasar berbagai macam hidangan.

Kali ini, Chickin akan membahas bagaimana cara memotong ayam karkas 16 bagian. Potongan ini biasanya digunakan untuk hidangan partai besar.

Untuk konsumsi sehari-hari biasanya ayam karkas utuh dipotong menjadi beberapa bagian mulai dari dua hingga delapan.

Sedangkan untuk acara khusus yang melibatkan banyak orang biasanya menggunakan potongan 16 bagian. Sebelum memotong pastikan ayam karkas higienis dan bersih agar tidak terkena bakteri.

Menggunakan Pisau Yang Tajam atau Khusus Daging

Penggunaan pisau dalam pemotongan ayam sangat wajib kamu perhatikan. Pisau terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, gunakanlah pisan yang tajam khusus daging untuk memotong ayam karkas menjadi 16 bagian. Tak lupa gunakan alas atau talenan yang kuat.

Salah satu jenis pisau yang bagus untuk memotong daging ayam karkas adalah pisau cleaver meat. Pisau ini memiliki ukuran yang besar dan mata pisau persegi panjang dan tajam. Hasil potongan akan lebih rapi dan tidak akan menyebabkan pisau cepat menumpul.

Pisau khusus daging tersebut biasanya terbuat dari bahan dasar keramik yang anti bakteri. Sebab itu, kamu tak perlu meragukan lagi tingkat kehigienisannya.

Selain itu, pegangannya berkaret anti slip sehingga kamu juga akan nyaman menggunakannya. Kamu tetap perlu memastikan ketajamannya dengan memotong daging dan tulang dalam satu kali ayunan.

Potong Ekor dan Buang Tulang Punggung

Setelah memastikan pisau, sekarang kita bisa memulai potong ayam karkas. Pertama-tama, potonglah bagian ekor dan buang tulang punggungnya. Memotong ekor bisa kamu mulai dengan mengikuti garis brutu atau bagian pantatnya. Setelahnya, potonglah ayam secara vertikal lalu buang tulang punggungnya.

Untuk konsumsi biasa, tulang punggung tidak kita makan sehingga kita perlu membuangnya.

Meskipun demikian, tulang punggung ayam bisa kamu jadikan kaldu lho! Untuk membuang tulang punggung sebenarnya adalah pilihan masing-masing tergantung kebutuhan dan selera.

Memotong Bagian Bawah Ayam Karkas

Sebelum memotong ayam karkas menjadi 16 bagian, kamu perlu memerhatikan bagian bawah ayam terlebih dahulu.

Pertama-tama tarik bagian paha dan potong sesuai ujung paha yang terlihat seperti ujung bola. Untuk mempermudah pemotongan, kita bisa menariknya sambil ditekuk sedikit sampai ujung paha yang seperti bola tadi terpotong.

Jika bagian paha sudah terpotong saatnya membagi dua potongan tersebut.

Pisahkan bagian drumstick dan paha atas yang terlihat dari tulang yang menyatu namun tidak terlalu kuat. Jika sudah menemukan titik tersebut kamu bisa membaginya menjadi dua bagian.

Memotong Bagian Dada Ayam Karkas

Untuk potong karkas ayam 16 bagian, selanjutnya berfokus pada bagian dada ayam. Setelah kita membuang tulang punggung, pastinya bagian tengah ayam sudah terlihat apalagi tulang rusuknya bisa kita lihat.

Kedua sisi kita potong sama rata dari ujung leher sampai tulang dada yang paling ujung. Untuk mempermudah proses pemotongan, kamu bisa menempatkan tulang rusuk di bagian atas agar mudah terlihat potongannya.

Setelah menjadi dua bagian, kita bisa membagi bagian badan atas ayam ini menjadi 8 potongan per satu bagian.

Pertama, bagian sayap kita bagi menjadi dua bagian sehingga. Lalu bagian dada yang dekat dengan sayap kita potong lagi menjadi dua. Kamu bisa melihat garis pembaginya dengan menekan ujung daging sehingga potongan ayam bisa lebih rapi.

Selanjutnya, kita sampai di dua potongan dada yang paling banyak kandungan daging nya. Kita bisa membaginya menjadi empat bagian. Pertama, perhatikan tulang rusuk ayam dan tandai pembagiannya. Selanjutnya kamu tinggal memotongnya sama rata sesuai dengan tanda.

Hasil Akhir Pemotongan

Setelah memotong bagian bawah dan dada ayam, kamu akan mendapatkan hasil akhir 16 potongan. Potongan tersebut terdiri dari:

  • 2 potongan sayap ujung
  • 2 potongan sayap dekat dada
  • 4 potongan dada dekat sayap
  • 4 potongan dada yang mengandung banyak daging
  • 2 potong drumstick
  • 2 potong paha atas

Pemotongan ayam karkas menjadi 16 bagian ini memiliki berbagai macam kelebihan.

Pertama, kamu bisa menghasilkan berbagai macam variasi menu masakan.

Kedua, biaya yang kamu keluarkan untuk membuat hidangan partai besar lebih ekonomis. Nutrisi dan lezatnya rasa daging ayam tetap sama.

Sudah Siap Potong Ayam Karkas 16 Bagian?

Ayam karkas 16 bagian ini memang lebih menguntungkan dari segi biaya karena lebih ekonomis bila tujuannya untuk membuat hidangan partai besar. 

Kuantitas lebih banyak dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya acara besar seperti khitanan dan pernikahan seringkali menggunakan potongan ini untuk membuat hidangan tamu.

Kalau kamu tidak ingin repot untuk memotong ayam menjadi beberapa bagian kamu bisa membeli ayam potong saja.

Kamu bisa mengunjungi Chickin Fresh untuk mengetahui produk ayam potong lebih lanjut. Chickin Fresh berasal dari ayam potong yang diambil dari kandang dengan sistem Smart Farm Technology.

Demi menjaga ketahanan pangan Indonesia, Chickin menghadirkan ayam potong yang berkualitas dan sudah pasti halal untuk kita konsumsi.

Chickin Fresh menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia. Fast delivery and safe.

Bersama Chickin, Wujudkan Sinergi Ketahanan Pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – Pt. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts