6 Bagian Ayam yang Tidak Boleh Dimakan Berlebihan

daging ayam potong

Tiap bagian ayam memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagian bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan.

Alasan mengapa tidak boleh memakan bagian bagian ayam tertentu secara berlebihan karena dapat membahayakan terhadap kesehatan tubuh. Adapun bagian bagian ayam yang paling banyak peminatnya antara lain dada ayam, paha ayam, sayap ayam, ceker ayam dll.

Lalu tahukah kamu bagian bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan?

Jika kamu belum mengetahuinya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

1. Kepala Ayam

Bagian kepala ayam memang seringkali orang manfaatkan sebagai kaldu pada saat memasak sup. Hal ini karena kepala ayam dapat memberikan cita rasa gurih pada sup.

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa bagian kepala ayam cukup berbahaya apabila kamu terlalu sering mengkonsumsinya. Ini karena peternak biasanya memberikan pakan pabrik yang di dalamnya mengandung bahan kimia agar kondisi kesehatan ayam tetap terjaga.

Ketahui : Kelebihan Daging Ayam Broiler

Sayangnya, beberapa bahan kimia yang berasal dari pakan tersebut ada yang sulit larut dalam sistem pencernaan ayam. Sehingga beberapa bahan kimia itu mengendap pada bagian kepala ayam khususnya otak ayam.

Selain itu, bagian kepala ayam juga merupakan tempat bersarangnya virus dan bakteri. Pada saat kepala ayam ini kamu masak, bahan kimia yang terdapat pada otak ayam serta bakterinya sulit hilang begitu saja. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi bagian kepala ayam.

2. Leher Ayam

Bagian ayam yang tidak boleh dimakan secara berlebihan berikutnya yaitu bagian leher ayam. Leher ayam juga merupakan salah satu tempat berkumpulnya virus dan bakteri pada ayam. Hal ini akibat dari terdapat dua saluran penghubung pada leher ayam. Yaitu saluran pernapasan dan pencernaan.

Ayam yang makan dengan cara mematuk langsung dari tanah atau tempat makannya memungkinkan membawa bakteri ke dalam tubuhnya melalui saluran pencernaan. Kemudian virus dan bakteri tersebut berkumpul di bagian leher ayam.

Sehingga mengkonsumsi bagian leher ayam terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Khawatir terdapat virus dan bakteri yang tidak mati atau hilang pada saat proses memasak, kemudian masuk ke dalam tubuh.

3. Ceker Ayam

Bagian favorit sebagai kaldu gurih pada masakan sup selain kepala ayam adalah ceker ayam. Bahkan makanan seperti soto ayam sering kali menggunakan ceker ayam sebagai pelengkap agar cita rasanya gurih dan lezat.

Ceker ayam juga sering menjadi bahan utama dalam olahan seblak ceker dan masih banyak lagi. Sehingga tidak jarang orang-orang menyukai bagian ayam yang satu ini. Ceker ayam juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi, kamu harus memperhatikan juga bahwa bagian ayam yang tidak boleh dimakan berlebihan yaitu ceker ayam lho. Alasannya karena bagian ceker ayam mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Dengan kadar lemak jenuh yang tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat yang lama kelamaan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Akibat dari semua itu, kamu beresiko terkena penyakit jantung.

Jadi, bagi kamu yang menyukai makanan dengan bahan dasar ceker ayam, harus tetap berhati-hati agar tetap mengontrol pola makannya. Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi ceker ayam.

4. Brutu Ayam (Pantat Ayam)

Melansir klikdokter yang mengutip penelitian dari Nutrition and Dietary Studies of America, brutu ayam ternyata mengandung banyak nutrisi terutama kaya akan protein. Beberapa kandungan nutrisi lain yaitu 11% zat besi dan 8% kalsium.

Kandungan zat besi dan kalsium pada bagian brutu ayam ini ternyata lebih tinggi daripada yang terdapat pada dada ayam. Dada ayam hanya mengandung 8% zat besi dan 2% kalsium.

Namun bagian brutu ayam ini termasuk dalam bagian ayam yang tidak boleh dimakan berlebihan, karena mengandung kelenjar penghasil minyak. Akibatnya, kandungan lemak pada brutu ayam menjadi tinggi pula dan ini cukup buruk untuk kesehatan tubuh.

Ketahui : Tips Membedakan Daging Ayam Segar

Sayangnya penelitian terhadap kandungan lemak pada bagian brutu ayam ini masih sangat kurang. Alasannya karena bagian brutu ayam ini bukan jenis makanan yang umum di konsumsi di banyak negara.

Tapi yang jelas bahwa bagian ini merupakan bagian yang paling berlemak. Jadi, bagi kamu pecinta brutu ayam harus memperhatikan agar tidak mengkonsumsi bagian ini secara berlebihan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

5. Jeroan Ayam

Bagian jeroan ayam atau organ dalam ayam diantaranya yaitu lidah, babat, usus, hati, paru, jantung, limpa dan otak. Mengkonsumsi jeroan ayam dalam jumlah yang wajar sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat karena jeroan mengandung berbagai nutrisi.

Kandungan nutrisi jeroan ayam antara lain vitamin A, B, D, E, K, zat besi, selenium, magnesium dan zinc. Vitamin dan mineral tersebut sangat baik untuk mendukung proses metabolisme dalam tubuh.

Baca juga : Daging Ayam Broiler Baik untuk Kesehatan

Meskipun demikian, bagian ayam yang tidak boleh dimakan berlebihan adalah jeroan ayam. Hal ini karena jeroan ayam juga mengandung senyawa purin yang sangat tinggi. Selain itu, jeroan ayam juga mengandung lemak jenuh yang tinggi serta kolesterol tinggi.

Mengkonsumsi jeroan ayam berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dan kolesterol yang memicu resiko penyakit jantung. Sedangkan kelebihan senyawa purin dalam tubuh dapat menyebabkan resiko terkena penyakit asam urat.

6. Kulit Ayam

Bagian ayam yang tidak boleh di konsumsi berlebihan terakhir adalah kulit ayam. Walaupun rasanya gurih dan teksturnya renyah, tetapi mengkonsumsi bagian kulit ayam terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan lho.

Dalam 100 gram kulit ayam panggang mengandung 130 miligram kolesterol dan total lemak 45 gram. Apabila kamu mengkonsumsi kulit ayam goreng tentu kandungan lemak dan kolesterolnya pun akan lebih tinggi dari kulit ayam panggang.

Oleh karena itulah terlalu banyak mengkonsumsi kulit ayam dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Beberapa penyakit yang beresiko akibat dari konsumsi kulit ayam berlebihan antara lain :

  • Obesitas (berat badan berlebih)
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Penyakit campylobacteriosis

Setelah kamu mengetahui bagian bagian ayam yang tidak boleh dimakan berlebihan, mulailah untuk membatasi jumlah konsumsi bagian bagian ayam tersebut.

Baca juga : Manfaat Mengkonsumsi Ayam

Ingat! bukan tidak boleh kamu konsumsi, karena pada dasarnya bagian bagian ayam tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam mengkonsumsi daging ayam, pastikan agar kamu memilih daging ayam yang berkualitas dan sehat. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kesegaran ayam potong yang kamu beli, karena daging ayam busuk juga tidak sehat.

Chickin Indonesia menyadari ketiga hal tersebut merupakan bagian penting yang harus selalu terpenuhi agar konsumsi daging ayam memperoleh manfaat maksimal.

Melalui produk unggulannya Chickin Indonesia menawarkan Chickin Fresh. Keunggulan Chickin Fresh yaitu ayam potong langsung diambil dari kandang yang menggunakan sistem
Smart Farm Technology.

Sehingga ayam dalam kondisi segar, serta kualitas kesehatan ayam pada saat hidup pun terjamin dan tentunya bersertifikasi halal konsumsi. Selain itu, Chickin Fresh juga menjangkau pengiriman untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat dan terjamin keamanannya.

Bersama Chickin, wujudkan sinergi ketahanan pangan Indonesia!

Chickin Indonesia – PT. Sinergi Ketahanan Pangan

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts