Arah Kandang yang Tepat: Kunci Sukses Peternakan Ayam Broiler

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa peternakan ayam broiler lebih sukses daripada yang lain? Salah satu faktor yang sering diabaikan adalah arah kandang. Ya, arah kandang dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap performa ayam broiler, lho!

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa arah kandang yang tepat menjadi kunci sukses peternakan ayam broiler. Kita akan mempelajari bagaimana arah kandang dapat mempengaruhi suhu, sirkulasi udara, dan ultimately, performa ayam. Yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya!

Melintang Timur atau Barat

Arah kandang yang ideal untuk ayam broiler adalah melintang dari timur- barat. Berikut beberapa alasan mengapa arah ini direkomendasikan:

1. Agar Suhu Kandang Tetap Sejuk

Salah satu keuntungan utama dari kandang yang melintang timur-barat adalah suhu kandang yang lebih sejuk. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Pagi hari: Sinar matahari pagi hanya akan mengenai sebagian kecil kandang, sehingga suhu di dalam kandang tidak akan terlalu panas.
  • Siang hari: Arah angin yang umumnya bertiup dari timur ke barat membantu membawa udara panas keluar dari kandang.
  • Sore hari: Saat matahari terbenam di barat, kandang akan terhindar dari sinar matahari langsung, sehingga suhu di dalam kandang akan mulai turun.

Dengan suhu kandang yang sejuk, ayam broiler akan merasa lebih nyaman dan tidak mengalami stres. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan performa ayam broiler, sehingga ultimately, meningkatkan keuntungan peternak.

2. Mendapatkan Sirkulasi Udara yang Lebih Bagus

Arah angin di Indonesia umumnya bertiup dari timur ke barat. Jika kandang melintang timur-barat, maka angin akan dapat mengalir dengan lebih baik di dalam kandang. Sirkulasi udara yang baik membantu menjaga suhu kandang tetap sejuk dan mencegah penumpukan gas amonia yang berbahaya bagi ayam

3. Meningkatkan Performa Ayam Broiler

Suhu dan sirkulasi udara yang optimal di dalam kandang membantu ayam broiler untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini tentunya, meningkatkan performa ayam broiler, seperti:

  • Peningkatan bobot badan
  • Penurunan angka kematian
  • Peningkatan efisiensi pakan
  • Peningkatan kualitas daging

Baca Juga : Tips Meningkatkan Produktivitas pada Ayam Broiler

Apakah Boleh Melintang ke Arah Lain?

Meskipun melintang timur-barat adalah arah ideal, namun boleh saja membangun kandang dengan arah lain. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membangun kandang dengan arah yang berbeda:

1. Arah Utara-Selatan

Jika kandang menghadap ke utara, sinar matahari akan terasa lebih panas di kandang, terutama pada siang hari. Hal ini dapat menyebabkan suhu di dalam kandang menjadi lebih tinggi dan ayam broiler akan merasa stress.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu:

  • Memasang blower dan celldex yang lebih besar untuk menjaga suhu kandang tetap sejuk.
  • Menggunakan paranet atau atap yang lebih tinggi untuk melindungi kandang dari sinar matahari langsung.
  • Memastikan ventilasi di kandang cukup baik untuk membantu sirkulasi udara.

Perlu diingat bahwa membangun kandang dengan arah utara-selatan akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk menjaga suhu kandang tetap ideal.

Baca Juga : Peternak Wajib Tahu, Jenis-jenis Penghangat Kandang Ayam Berdasarkan Sumber Daya

2. Arah Diagonal

Jika Anda ingin membangun kandang dengan arah diagonal, perhatikan arah angin di lokasi kandang. Pastikan kandang memiliki ventilasi yang cukup di sisi yang menghadap ke arah matahari.

Kesimpulan

Meskipun melintang timur-barat adalah arah ideal, Anda boleh saja membangun kandang dengan arah lain. Namun, perhatikan bahwa membangun kandang dengan arah yang berbeda mungkin memerlukan biaya yang lebih tinggi dan usaha ekstra untuk menjaga suhu kandang tetap ideal.

Tips Bagi Peternak

Berikut tips bagi Anda peternak dalam membangun kandang ayam:

  • Konsultasikan dengan ahli peternakan untuk mendapatkan arahan yang tepat dalam membangun kandang. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli melalui aplikasi Chickin Apps. Dengan menginstal aplikasi ini, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli, mengecek harga ayam secara berkala, melakukan pencatatan kandang, hingga mengatur suhu kandang ayam Anda.  
  • Perhatikan kondisi lingkungan di sekitar kandang, seperti temperatur, kelembapan, dan arah angin.
  • Gunakan teknologi dan peralatan yang tepat untuk membantu menjaga suhu dan sirkulasi udara di dalam kandang.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, Anda dapat membangun kandang yang optimal untuk meningkatkan performa ayam broiler Anda.

Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts