3 Cara Meningkatkan Keuntungan Ternak Ayam

Ternak ayam merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Hal ini karena kebutuhan masyarakat akan ayam dan telur ayam terus meningkat. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, peternak perlu melakukan pengelolaan yang baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan ternak ayam adalah dengan menghemat biaya produksi. Biaya produksi yang besar dapat mengurangi keuntungan yang diperoleh peternak. Oleh karena itu, peternak perlu melakukan efisiensi biaya produksi, berikut penjelasan lengkapnya:

Hemat Penggunaan Pakan Ayam

Pakan merupakan salah satu biaya produksi terbesar dalam ternak ayam. Oleh karena itu, menghemat penggunaan pakan ayam dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan keuntungan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan pakan ayam, antara lain:

Memilih pakan ayam yang berkualitas

    Pakan ayam yang berkualitas akan dapat menghasilkan ayam yang sehat dan produktif. Dengan demikian, peternak dapat menghemat biaya pengobatan dan perawatan ayam.

    Memberikan pakan ayam sesuai dengan kebutuhan

      Peternak perlu memberikan pakan ayam sesuai dengan kebutuhan ayam. Pakan yang berlebihan akan terbuang percuma dan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

      Menjaga kualitas pakan ayam

        Pakan ayam yang disimpan dengan tidak baik dapat mengalami penurunan kualitas. Oleh karena itu, peternak perlu menjaga kualitas pakan ayam dengan menyimpannya di tempat yang kering dan bersih.

        Baca Juga : Strategi Penghematan Biaya dalam Pemberian Pakan Ayam Broiler

        Hemat Penggunaan Listrik

        Listrik merupakan salah satu biaya produksi yang cukup besar dalam ternak ayam. Hal ini karena listrik digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penerangan kandang, pendingin udara, pemanas, dan peralatan lainnya. Oleh karena itu, menghemat penggunaan listrik dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan ternak ayam.

        Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik dalam ternak ayam, antara lain:

        Menggunakan lampu yang hemat energi

          Lampu yang hemat energi dapat menghemat biaya listrik hingga 50%. Lampu LED adalah salah satu jenis lampu hemat energi yang paling populer. Lampu LED memiliki masa pakai yang lebih lama daripada lampu pijar dan membutuhkan daya yang lebih sedikit untuk menghasilkan cahaya yang sama.

          Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan

          Mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan dapat menghemat biaya listrik hingga 10%. Hal ini penting untuk dilakukan, terutama untuk peralatan listrik yang tidak digunakan secara rutin, seperti kipas angin dan lampu.

          Baca Juga : Mending Pemanas Ayam Listrik Atau 5 Pemanas Kandang Ini?

          Kurangi Stress (Angka Kematian)

          Stres adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kematian pada ayam. Stres dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti perubahan lingkungan, penanganan yang kasar, atau penyakit.

          Ayam yang stres akan lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi. Selain itu, ayam yang stres juga akan mengalami penurunan produktivitas.Oleh karena itu, penting untuk mengurangi stres pada ayam agar dapat meningkatkan kesehatan dan produktivitasnya.

          Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi stres pada ayam:

          • Buatlah lingkungan kandang yang nyaman. Kandang yang nyaman akan membuat ayam merasa aman dan nyaman. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan ruang yang cukup, ventilasi yang baik, dan suhu yang sesuai.

          Agar suhu pada kandang ayam dapat terkontrol dengan baik, para peternak dapat menggunakan teknologi climate change darI CI-Touch. CI-Touch adalah perangkat keras yang dapat memantau dan mengontrol suhu serta kelembaban kandang secara otomatis. AI dari CI-Touch dapat mengukur kondisi kandang melalui sensor dengan akurat dan menyesuaikan pengaturan suhu kandang. Sehingga hal ini berdampak pada produktivitas ayam dan minimnya stress pada ayam.

          • Berikan perlakuan yang lembut. Penanganan yang kasar dapat menyebabkan stres pada ayam. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perlakuan yang lembut pada ayam, seperti saat memindahkannya atau memotong paruhnya.
          • Pencegahan penyakit. Penyakit juga dapat menyebabkan stres pada ayam. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan penyakit, seperti dengan memberikan vaksinasi dan menjaga kebersihan kandang.

          Dengan melakukan ketiga cara di atas, peternak dapat meningkatkan keuntungan ternak ayam secara signifikan.

          Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

          Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

          Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

          Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

          Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

          Daftar

          Total
          0
          Shares
          Tinggalkan Balasan

          Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

          Related Posts