7 Daya Tarik Industri Peternakan Ayam Broiler

Daya-Tarik-Industri-Peternakan-Ayam

Ayam broiler atau ayam ras pedaging (broiler) adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam.

Ayam broiler yang merupakan hasil perkawinan silang dan sistem berkelanjutan sehingga mutu genetiknya bisa dikatakan baik.

Ayam broiler merupakan ternak yang paling ekonomis bila dibandingkan dengan ternak lain, kelebihan yang dimiliki adalah kecepatan pertambahan/produksi daging dalam waktu yang relatif cepat dan singkat atau sekitar 4-5 minggu produksi daging sudah dapat dipasarkan atau dikonsumsi.

Keunggulan ayam broiler antara lain pertumbuhannya yang sangat cepat dengan bobot badan yang tinggi dalam waktu yang relatif pendek, konversi pakan kecil, siap dipotong pada usia muda serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak. 

Berikut tujuh alasan mengapa industri dan peternakan ayam broiler menjadi daya tarik di Indonesia: 

1. Permintaan Pasar Tinggi 

Keunggulan ayam broiler yang pertama adalah tingginya permintaan pasar. Selain mudah didapatkan, harga ayam broiler yang terjangkau membuat permintaan pasar akan ayam broiler tergolong tinggi dan stabil. 

2. Dibutuhkan Dalam Skala Besar 

Menjadi salah satu bahan konsumsi dengan permintaan tinggi, maka tak heran jika ayam broiler dibutuhkan dalam skala besar.

Mulai dari bibit, hingga ayam broiler siap panen memang biasa dibeli dalam skala besar. Ayam broiler biasanya dicari oleh para pengusaha kuliner sebagai bahan masakan.

Banyaknya variasi masakan berbahan ayam dan juga jumlah warung atau resto di semua daerah membuat kebutuhan akan ayam broiler juga tinggi. 

3. Pertumbuhan Cepat 

Berbeda dari ayam ras lainnya, ayam broiler tergolong memiliki pertumbuhan yang cepat. Dalam usia 4-5 minggu saja, ayam broiler sudah mencapai bobot 2 kg dan siap dipanen. 

4. Cash Flow Tinggi 

Bukan rahasia lagi bahwa perputaran uang atau cash flow dalam bisnis ayam broiler termasuk cepat.

Hal ini didukung pula oleh pertumbuhan dan umur panen ayam broiler yang singkat. Begitu juga kebutuhan pasar dengan skala besar yang stabil. 

5. Peluang Pengembangan Bisnis Besar 

Bisnis ayam broiler memiliki peluang besar untuk berkembang. Permintaan pasar akan daging ayam yang stabil, serta perputaran uang dan waktu pemeliharaan yang cepat membuat bisnis ini menjanjikan.

Selain itu, saat ini banyak farm yang telah berkembang dalam industri, sehingga mudah dalam mencari mitra bisnis. 

6. Indonesia Negara yang Cocok untuk Budidaya Ayam Broiler 

Ayam broiler adalah ayam yang sensitif terhadap suhu dan kelembaban. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki suku yang relatif hangat. Sehingga, pertumbuhan ayam broiler menjadi optimal. 

7. Relatif Mudah Dibudidayakan 

Keunggulan lain dari ayam broiler adalah mudah untuk dibudidayakan. Berprinsip penggemukan, peternak cukup memperhatikan pemilihan dan pemberian pakan yang tepat.

Untuk mencegah dari penularan penyakit, biosecurity dan juga vaksinasi menyeluruh juga perlu dilakukan.


Mari Bergabung dengan Komunitas Broiler Chickin Indonesia

Dengan bergabung bersama komunitas Chickin Indonesia, Anda akan terhubung dengan peternak-peternak broiler lainnya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Anda dapat saling bertanya, diskusi, dan mengetahui update terbaru seputar industri peternakan ayam broiler. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan tim Chickin Indonesia untuk bertanya perihal beternak ayam broiler.

Komunitas ini terbuka baik bagi Anda yang baru memulai beternak maupun sudah memiliki peternakan dengan populasi dengan jumlah tertentu.

Klik link “Daftar” berikut untuk bergabung komunitas broiler Chickin Indonesia.

Daftar

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts